Sukses

Memberikan Susu UHT

21 Oct 2014, 12:03 WIB
Pria, 31 tahun.

dok, anak saya umur 29 bulan. selama ini anak sy minum susu formula. yg sy ingin tanyakan mana yg lebih baik antara susu formula dan susu UHT? karena byk yg menyarankan susu UHT

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang mengalami proses pengolahan dengan pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi (135-145ºC) dalam waktu yang sangat singkat (2-5 detik) dan tidak menggunakan pengawet. 

Proses pemanasan ini ditujukan untuk membunuh seluruh mikroorganisme yang merugikan. Waktu pemanasan yang sangat singkat bertujuan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu. Selain itu, juga untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang tidak berbeda jauh jika dibandingkan susu segarnya.

Susu UHT sebaiknya tidak diberikan kepada anak di bawah 1 tahun karena susu UHT mengandung kasein yang merupakan protein utama dalam susu sapi yang masih sulit dicerna oleh sistem pencernaan anak di bawah 1 tahun. Bila diberikan, maka akan bmembuat sistem pencernaan anak bekerja lebih keras. Susu formula merupakan jenis susu yang dibuat mirip dengan ASI oleh karena itu susu formiula biasanya sering diberikan pada anak-anak dibawah usia 1 tahun sebagai susu tambahan di luar ASI.

Untuk itu, susu UHT lebih baik diberikan pada anak di atas 1 tahun.

Bagaimana dengan ststus gizi anak Anda? Apakah berat badan serta tinggi badan anak Anda dalam batasan normal? Anda perlu ingat kalau susu untuk anak diatas usia 1 tahun hanya sebagai tambahan, karena gizi utama anak didapatkan dari makanan keluarag yang sudah boleh Ia konsumsi. Jadi bila anak Anda diatas usia 1 tahun sudah boleh diberikan susu UHT. Umumnya bisa diberikan 2 gelas dalam sehari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,                                       

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar