Sukses

Gagal Ginjal, Boleh Berhubungan Seks?

20 Oct 2014, 23:42 WIB
Pria, 59 tahun.

sy CKD dan HD 2 x seminggu. apakah aktivitas sex akan memperparah kondisi ginjal sy ?

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Gagal ginjal merupakan kondisi di mana ginjal tidak dapat melakukan fungsinya untuk mengeluarkan sisa produk metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh.Terbagi menjadi gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Gagal ginjal akut terjadi sementara dan dapat diperbaiki dengan segera keadaan yang menyebabkannya sedangkan gagal ginjal kronik merupakan keadaan di mana fungsi ginjal telah memburuk dalam waktu yang lama karena beberapa penyakit yang mendasari.

Gagal ginjal dapat disebabkan karena banyak hal, misalkan pada gagal ginjal akut dapat disebabkan karena perdarahan, batu ginjal, infeksi ginjal. Demikian juga dengan gagal ginjal kronik.

Ketika penderita gagal ginjal kronik sudah harus menjalani terapi HD (hemodialisis) maka ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti asupan makanan dan minuman serta aktivitas. Selama aktivitas seksual yang dilakukan tidak memberatkan maka sebenarnya tetap dapat dilakukan dan secara langsung tidak menyebabkan perparahan kondisi ginjal Anda. Namun, ada baiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan dokter yang menangani Anda, yang paling mengetahui kondisi kesehatan Anda. Dokter Anda dapat memberikan saran yang paling tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar