Sukses

Apakah Perlu Mengganti KB?

20 Oct 2014, 23:35 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, sebelumnya saya menggunakan alat kontrasepsi spiral selama 5 tahun tapi kemudian di lepas dikarenakan posisi nya berubah dan membuat haid kurang teratur dan volume darah yang keluar agak banyak sehingga membuat saya anemia. Sekarang saya menggunakan kontrasepsi metode suntik 3 bulan. jadwal haid saya semakin tidak teratur, bahkan saya pernah haid nya hampir tiap hari atau 2 hari sekali tapi keluarnya sedikit-sedikit. saya harus bagaimana dok? Apakah saya sebaiknya kembali memakai spiral lagi?

Ibu/Saudari yang Terhormat.


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.


Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Jika Anda ingin mengganti jenis KB , pertimbangkan keuntungan, kerugian, efektivitas, efek samping maupun seberapa cepat terjadinya pengembalian kesuburan. Karena masing-masing jenis kontrasepsi memiliki keunggulan dan harus disesuaikan dengan penggunanya. Anda dapat membaca artikel kami berikut Keluarga Berencana.

Konsultasikanlah dengan dokter atau bidan Anda mengenai pilihan-pilihan yang paling cocok dengan kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar