Sukses

Pemberian Susu Formula pada Anak

20 Oct 2014, 16:49 WIB
Pria, 30 tahun.

anak kami sekarang sudah berusia dua bulan 2 minggu dok. sejak lahir dia diberikan susu formula karena ibunya sama sekali tidak bisa memberikan ASI eksklusif. kami sudah berusaha kemana-mana dan berbagai cara agar bisa keluar ASI namun selalu gagal. terus gimana ya dok perkembangan anak kami jika terus menerus diberikan susu formula. banyak yang bilang, anak kami bakal tumbuh tak seperti biasanya (orang yang berhasil memberikan ASI),..

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Merujuk dari pertanyaan Anda, jika produksi ASI Anda masih lancar sebaiknya diberikan ASI. ASI adalah makanan terbaik untuk anak, terutama pada usia 0-6 bulan. Jika memang tidak ada kontraindikasi pemberian ASI, seperti infeksi pada payudara atau HIV/AIDS, sebaiknya tetap berikan ASI untuk bayi Anda. Menurut panduan Badan Kesehatan Dunia, ASI sebaiknya diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun termasuk air putih dan susu formula (ASI eksklusif) karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI eksklusif selama 6 bulan. Namun kami memngerti bahwa tidak semua ibu dengan lasannya masing masing dapat memberikan ASI eksklusif.

Walaupun anak diberikan susu formula bukan berarti anak akan mengalami gangguan perkembangan yang drastis. Anda janganlah berpikir bahwa anak Anda akan mengalami gangguan perkembangan dengan pemberian susu formula. Hanya saja ASI memiliki berbagai keunggulan baik dari segi nutrisi, sistem imun anak dan lainnya. Namun, anak dengan konsumsi susu formula juga dapat tumbuh dengan optimal, asal diberikan stimulasi yang tepat.

Berikut kami lampirkan artikel yang bermanfaat untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Tim redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar