Sukses

Alergi dan Konsumsi Obat

20 Oct 2014, 11:58 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok, awalnya saya gatal-gatal di kelamin, mulai menyebar di tangan dan kaki dan hampir seluruh badan. kata perawat di pkm karena telur cacing, sy diberikan alerdex. sy rutin ngonsumsi sampai enam bulan lamanya, kalau berhenti minum alerdex, alergi sy kambuh lagi, hingga sy minum sampai sebulan lalu, dan sekarang sy ganti dexamethasone selama 3 minggu. badan saya sekarang bengkak dok, dan info dari internet alerdex ada dexanya efek sampingnya. dok, dari bayi saya tidak pernah ada riwayat alergi, kok bisa kalau sy berhenti minum dexa atau alerdex, gatal gatal itu kambuh lagi. apa yang terjadi dok? mohon dibalas

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita. Mengingat banyaknya alergen di luar riwayat keluarga (genetik), hendaknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, seperti jenis makanan, kondisi udara, atau faktor pemicu lainnya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Sudahkah Anda mengetahui faktor pencetus timbulnya kondisi ini? Apakah Anda sudah pernah melakukan tes alergi?

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengetahui sebab pasti dan mendapatkan terapi yang sesuai, karena penggunaan obat tertentu dalam jangka panjang tanpa pengawasan Dokter tentunya akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa saran dari kami seputar keluhan Anda:

  1. Hindari penggunaan sabun antiseptik dan pasta gigi pada penderita alergi, karena bahan yang terkandung di dalamnya dapat menghilangkan lapisan minyak pelindung kulit yang menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan lebih mudah terserang alergi

  2. Jangan garuk kulit apabila terasa gatal atau mengoleskan obat / minyak tanpa petunjuk Dokter

  3. Pastikan Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang, serta olah raga secara teratur selama 30 menit dengan frekuensi minimal 3 kali seminggu untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda secara keseluruhan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar