Sukses

Jantung Berdebar Karena Psikosomatis

20 Oct 2014, 10:59 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok saya sudah skitar 3 bln sering mengalami jantung berdebar - debar,setelah ke rmh sakit di periksa dan di rekam jantung ternyata jntung saya normal.mnurut dokternya saya mnderita psikosomatis.......yg saya tanyakan apa yg di mksud psikosomatis dan saya harus berobat ke mana....trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah Anda sedang mengalami masalah? Apakah keluhan tersebut muncul saat Anda sedang stres/sedih?

Stres dan kondisi psikis seseorang dapat mempengaruhi status kesehatan. Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau rangkaian keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya kondisi ketika seseorang mengalami tekanan mental (stres), yang diikuti oleh berbagai keluhan kesehatan seperti rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, dan sebagainya.

Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan positif dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan marah/sedih atau gundah yang Anda rasakan. Berdoa, tenangkan diri dan terus berpikir positif.

Jika Anda memiliki masalah yang cukup berat, Anda dapat konsultasi dengan psikolog atau Dokter Spesialis Psikiatri untuk mencari tahu diagnosis dan terapi yang lebih tepat. Wawancara medis yang mendetil dan dilakukan secara langsung selalu lebih baik.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar