Sukses

Bahaya Gigi Berlubang

21 Oct 2014, 11:31 WIB
Pria, 21 tahun.

4 gigi saya berlubang besar namun jarang sekali sakit gigi. Bagaimana cara mengatasinya apakah ada bahaya jangka panjang untuk organ tubuh lain seperti mata,jantung dll.makasih dok

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi gigi Anda yang bermasalah. Pada prisipnya gigi berlubang harus dirawat dan dan tidak boleh dibiarkan tanpa perawatan. Jangan tunggu sampai munculnya keluhan seperti sakit atau keluhan lainnya baru dilakukan perawatan ke dokter gigi. Perawatan gigi berlubang yang dilakukan dokter gigi bergantung dari seberapa besar dan dalam lubang tersebut, dan apakah lubang telah mencapai kamar saraf gigi/pulpa atau belum, karena jika telah mencapai kamar saraf gigi maka diperlukan perawatan saluran akar gigi sebelum dilakukan penambalan secara permanen.

Gigi berlubang yang dibiarkan tanpa perawatan atau penambalan maka lama kelamaan dapat mengalami kematian sehingga gigi menjadi nonvital. Gigi yang nonvital ini dapat mengalami infeksi pada jaringan sekitarnya dan dapat juga menjadi "jalan masuk" bagi kuman ke dalam tubuh dan tentu saja hal ini cukup membahayakan kesehatan organ-organ dalam tubuh.

Saya menyarankan agar sebaiknya segera lakukan perawatan ke 4 gigi Anda yang berlubang ke dokter gigi agar mencegah kerusakan yang lebih lanjut dan infeksi serta penyakit yang mungkin menjangkiti.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar