Sukses

Batuk Lama dan Penurunan Berat Badan

20 Oct 2014, 10:42 WIB
Pria, 21 tahun.

Yth dokter, Saya mengalami batuk dari bulan Maret sampai sekarang (Oktober) dan belum sembuh. Selama waktu itu saya sudah ke dokter dan meminum obat namun setelah obat habis saya kembali batuk. Dokter yang saya temui mendiagnosa saya mempunyai alergi terutama alergi suhu/cuaca dingin. Dia mengatakan saya mempunyai banyak dahak namun dahak hanya berwarna bening/putih. Obat yang diberikan lansoprazole, lactrin endorsteine 300 mg dan obat racikan.Saya sempat sembuh namun kembali batuk lagi. Saya sempat putus asa dan berhenti meminum obat dan memilih olahraga jogging 2 kali setiap hari, minum teh hijau saat malam setiap hari dan minum susu bear brand.Sekarang berat badan saya menyusut dari 63 kg menjadi 51,5 kg. Saya ingat pada bulan Maret berat saya 63 kg. Pertanyaan saya: 1. Apa yang harus saya lakukan agar saya sembuh? 2. Mengapa berat badan saya turun drastis? Apakah karena batuk saya atau yang lainnya? 3. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi alergi saya mengingat saat ini saya kuliah di Bandung yang bersuhu dingin? Terima kasih Nb: - Ayah dan kakak pernah mengidap asma namun sudah sembuh. - Kota asal saya Cirebon yang bersuhu lebih panas - Saya mempunyai maag

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah Anda merokok? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1. Alergi
    • dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  2. Asma
  3. Infeksi
    • Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infeksi sinus
  4. Bronkitis
    • radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru
  5. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  6. GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)
    • penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung
  7. Penggunaan obat tertentu
    • obat golongan ACE inhibitor
  8. Post Nasal Drip
    • ada cairan di belakang hidung.

Pernakah Anda menjalani pemeriksaan rontgen dada dan spirometri?

Mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan Anda mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Spesialis Paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Pastikan tubuh dalam keadaan hangat dengan memakai pakaian berlapis atau mengkonsumsi minuman hangat di kala udara dingin. Lakukan olahraga teratur, setidaknya 30 menit selama 3x seminggu untuk memperlancar metabolisme dan meningkatkan stamina.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

8 Penyebab Batuk Kronis

Awas Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Tuberkulosis Paru (TBC Paru)

Bronkitis

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar