Sukses

Penyebab Nyeri Dada #1

20 Oct 2014, 09:44 WIB
Pria, 16 tahun.

Setiap saya kecapean saya sering mengeluh sakit dada seperti ada pukulan dari dalam ,dan itu sering sekali terjadi . itu penyakit apa sih dokter ?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Secara medis banyak sekali kemungkinan yang dapat menyebabkan nyeri dada seperti yang Anda keluhkan, mulai dari cedera otot, gangguan pernapasan, kelainan lambung hingga masalah jantung. Sayang sekali Anda tidak menyebutkan lokasi dan rasa nyeri dari nyeri dada yang Anda rasakan secara spesifik, padahal informasi tersebut akan sangat membantu kami dalam menentukan kemungkinan terbesar dari gejala yang Anda rasakan. 

Secara umum penyebab dari nyeri dada dapat diklasifikasikan dengan mengidentifikasi gejala nyeri yang Anda rasakan. Untuk kelainan jantung maka rasa nyeri dada akan terasa di sebelah kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri akan berlangsung sekitar   2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri ini dikenal dengan sebutan Angina. 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain. Jika baru baru ini Anda melakukan aktifitas fisik yang berat, maka kemungkinan Anda mengalami cedera otot.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Diusia semua Anda nyeri dada paling sering disebabkan oleh karena saluran pencernaan di daerah dada dan biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda? 

Selain gejala, tentunya dibutuhkan pemeriksaan tambahan, seperti EKG, untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami disebabkan karena penyakit jantung. Setelah pemeriksaan EKG, dilakukan juga pemeriksaan laboratorium enzim jantung, yaitu CK, CK-MB, dan Troponin kardiak (I dan T) setelah suatu serangan nyeri dada. Pemeriksaan pencitraan seperti ekokardiografi dilakukan jika pada pemeriksaan fisik oleh dokter ditemukan kelainan yang mengarah pada gangguan fungsi jantung. Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti:

  • Merokok, berapapun jumlahnya
  • Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi
  • Hipertensi
  • Kadar kolesterol HDL yang rendah
  • Diabetes Mellitus
  • Usia lanjut
  • Obesitas (IMT > 25 mg/m2)
  • Kebiasaan kurang bergerak/aktivitas fisik
  • Riwayat keluarga menderita PJK pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita)

Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang lebih mendetil, pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan lanjutan seperti rontgen dada. Dengan demikian, dapat ditentukan penyebab pastinya dan segera mendapatkan penanganan yang tepat. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar