Sukses

Penderita Lupus Boleh Melahirkan Normal?

20 Oct 2014, 11:02 WIB
Wanita, 23 tahun.

dokter,,, say mau tanya. saya penderita lupus,,, dulu waktu ngedrop hb saya tinggal 2,7 klo tdak salah, pokoknya 2 koma, lalu darah sya jika mau ditransfusi itu harus di proses berulang agar mau bercmpur dg drah saya. pertnyaannya jika saya nanti melahirkan sebaiknya normal ato cesar untuk mngurangi resiko ? lalu cara mengatasi kulit yg menghitam (gosong) bgaimna dokter?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami turut bersimpati atas kondisi yang Anda alami. Jika Anda seorang penderita lupus dan berencana ingin hamil, pastikan bahwa gejala-gejala lupus Anda sudah terkontrol dan tidak muncul paling tidak selama 6 bulan. Beritahu hal ini kepada dokter kebidanan Anda. Dokter akan melakukan beberapa tes seperti tes darah dan urine.

Jika Anda sedang berencana hamil dan penyakit Anda sedang "aktif", maka ada beberapa komplikasi serius yang mungkin dapat dialami oleh Anda maupun bayi Anda seperti: keguguran, kelahiran bayi prematur, dsb. Sangatlah penting semasa Anda hamil nanti, Anda ditangani oleh dokter yang tepat berkaitan dengan penyakit Anda. Komplikasi lain yang mungkin terjadi adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi semasa hamil. Hipertensi pada kehamilan ini perlu diwaspadai karena bisa berakibat fatal bagi ibu dan bayi, misalnya kejang pada ibu atau bayi yang meninggal di dalam kandungan dan harus dilahirkan segera. 

Selain itu pada penderita lupus jika hamil, komplikasi lain yang mungkin terjadi adalah adanya gumpalan darah yang dapat mempengaruhi aliran dan asupan oksigen dan nutrisi dari plasenta ke janin. Komplikasi-komplikasi inilah yang biasanya membuat dokter untuk mempertimbangkan Anda menjalani operasi caesar bila dibandingkan kelahiran normal. Namun kembali lagi bergantung kondisi Anda semasa hamil dan waktunya melahirkan nanti. 

Terkait pertanyaan yang Anda ajukan untuk mengatasi kulit yang menghitam, sebetulnya untuk mencerahkan kulit ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti: memperbanyak asupan antioksidan seperti vitamin C dan glutation atau melakukan prosedur chemical peeling. Namun bila melakukan prosedur ini, pastikan Anda tidak sedang menderita ruam-ruam di kulit. Jangan lupa juga selalu mengoleskan tabir surya minimal SPF 15 jika ingin bepergian ke luar ruangan dan selalu gunakan pelindung seperti topi dan kacamata hitam karena biasanya penderita lupus juga sensitif terhadap cahaya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar