Sukses

Berat Badan Ideal dan Gejala Getah Bening

28 Nov 2014, 00:28 WIB
Pria, 16 tahun.

Malam Dok, saya ingin menanyakan tinggi badan 167 cm berat idealnya berapa ya ? dan satu lagi saya ingin menanyakan di sekolah saya ada agenda pemeriksaan kesehatan rutin dan di dalam kolom itu saya di tulis Gejala Getah Bening kira-kira buat mengobati gejala getah bening apa ? apa gejala getah bening bahaya buat kesehatan ? Trima Kasih dan Salam Sejahtera bagi kita semua...

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), sebenarnya Anda termasuk dalam kategori berat badan normal dengan IMT 21,94 (IMT normal 18,5-22,9), dimana berat badan ideal Anda adalah (54.27kg - 66.33kg). Anda juga dapat melakukan perhitungan sendiri melalui fitur Perhitungan Indeks Massa Tubuh yang terdapat di halaman depan website kami.

Mengenai keluhan Anda berikutnya tentang gejala getah bening, getah bening merupakan getah atau cairan bening yang mengalir di dalam sistem getah bening dan mengangkut limfosit (salah satu jenis sel darah putih). Limfosit berperan dalam melindungi tubuh terhadap infeksi dan terhadap perkembangan kanker. Kelenjar getah bening(KGB) merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

KGB dapat ditemukan di seluruh tubuh, namun yang sering kali dapat teraba jika terjadi pembesaran adalah di daerah leher, ketiak dan lipat paha(inguinal). KGB dapat membesar karena adanya penyakit atau infeksi, namun dapat juga membesar tanpa sebab yang jelas. Kelenjar getah bening dapat membesar karena adanya peningkatan limfosit atau makrofag sebagai respon kekebalan tubuh dari adanya agen infeksi (bakteri atau virus), karena keganasan kelenjar itu sendiri ataupun (limfoma), karena penumpukan bakteri, virus, jamur, ataupun sel-sel metastatis (sel sebar kanker dari paru, hidung, payudara) pada kelenjar tersebut. Pada kebanyakan kasus, pembesaran KGB (limfadenopati) bukanlah permasalahan yang serius, tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Umumnya limfadenopati akan mengecil ke ukuran semula ketika penyakit atau infeksi sudah berlalu. Tidak semua kelainan atau pembesaran pada kelenjar getah bening berbahaya untuk kesehatan, karena pada dasarnya sistem getah bening merupakan salah satu unit pertahanan tubuh manusia.

Gejala seperti apakah yang Anda maksud? Apakah terdapat pembesaran pada kelenjar getah bening Anda?

Untuk dapat mengetahui obat yang tepat untuk Anda, diperlukan data lengkap serta evaluasi lebih lanjut mengenai penyebab dari gejala getah bening tersebut. Apakah hal tersebut disebabkan oleh infeksi ataukah hal lain, oleh karena itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab keluhan Anda dan mendapat terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar