Sukses

Buah Zakar Belum Turun

20 Oct 2014, 10:36 WIB
Pria, 11 tahun.

Selamat Siang dok, saya mau tanya, kemarin anak saya umur 11 tahun di operasi karena Hernia, awalnya sy lihat ada pembengkakan di kantung buah zakarnya, dan di ambil tindakan operasi oleh dokter dan sekalian saya sunat. Dan ternyata kata sang dokter yang mengoperasi anak saya, maaf buah zakar yang sebelah kirinya belum turun mkn karena lahir, jd di anjurkan 1 tahun lagi operasi, tapi sy lihat anak sy sdh trauma. Td pagi subuh sy lihat kantungan buah zakarnya masih membengkak, anak sy sdh nanya "jd gmn ini". Sy jd sedih dok. Apa ada cara lain untuk menurunkan buah zakarnya yang kiri, dan kenapa kok masih membengkak ya dok setelah operasi td subuh sy lihat, sewaktu malam sebelumnya sy lihat sdh normal , terima kasih dok, mohon pencerahaanya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda dan kami turut bersimpati atas kondisi yang dialami oleh anak Anda. Testis yang belum ada di tempatnya dapat didiagnosis sebagai cryptorchidism/undesensus testes atau retraktil testis. Sangat sulit membedakan retraktil testis dengan undesensus testes secara klinis. Dokter perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk membedakannya. Kami sarankan Ibu membawa anak Ibu ke dokter spesialis urologi untuk diperiksakan.

Pada retraktil testis tidak diperlukan tindakan pembedahan karena keluhan akan hilang dengan sendirinya pada saat pasien menginjak masa pubertas atau dengan manipulasi agar testis turun ke dalam skrotum. Pada cryptorchidism/undesensus testes, testes akan turun dengan sendirinya pada usia di bawah 1 tahun, namun jika setelah 1 tahun testis tidak turun maka diperlukan penanganan terapi hormon atau pembedahan.

Jika tidak segera didiagnosis dan dilakukan penanganan yang tepat, baik retraktil testis maupun cryptorchidism/undesensus testes dapat menyebabkan timbulnya infertilitas dan keganasan dalam perkembangannya.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah yang menangani anak Anda untuk second opinion.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan semoga anak Anda lekas sembuh. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar