Sukses

Mengobati Mata Ikan

13 Nov 2014, 18:46 WIB
Pria, 34 tahun.

Slmt mlm klik dokter.. Sy mau bertanya obat yg ampuh unuk mengobati mata ikan di kaki apa ya...? terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas kesetiaan Anda dalam menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mata ikan atau dalam istilah medis disebut dengan clavus disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Penyakit mata ikan ini pada umumnya tumbuh pada kulit permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak dan jari-jari tangan. Gejala-gejala yang ditimbulkan yaitu ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit. Mata ikan pada bagian tengahnya dapat djumpai “Keratotic Olug”. Yang dimaksud dengan keratotic olug adalah penebalan kulit yang membentuk semacam inti yang mengeras. Inti yang mengeras ini dapat menimbulkan rasa nyeri saat berpijak, terutama saat tidak menggunakan alas kaki. Bila tidak segera diobati, mata ikan akan mengalami infeksi dan akan menjadi borok yang sulit untuk disembuhkan. Mata ikan akan tumbuh subur pada penderita diabetes. Jika salah dalam menangani penyakit mata ikan ini, maka akan menimbulkan luka yang sulit diobati.

Penyebab mata ikan

  • Virus Human Papillomavirus (HPV)
  • Sering memakai sepatu yang tertutup dan sempit
  • Menggunakan alas kaki yang tidak sesuai ukuran (terlalu kecil)
  • Saat berjalan terjadi penekanan dan gesekan secara terus menerus dan berlebihan antara telapak kaki dan alas

Untuk mengurangi benjolan yang ada dapat digunakan obat-obat tertentu yang bersifat keratolitik (mengikis sel kuit), seperti asam salisilat. Di pasaran tersedia juga plester yang mengandung asam salisilat. Sedangkan untuk mengurangi friksi/gesekan yang ada bisa digunakan bantalan pada sepatu.

Jika dengan cara-cara ini nyeri tetap tidak berkurang dan benjolan dirasa mengganggu, bisa dilakukan operasi kecil. Operasi kecil ini dapat dilakukan oleh dokter bedah umum atau plastik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar