Sukses

Seputar Kehamilan1

20 Oct 2014, 08:21 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, jika kita berhubungan intim di tanggal 29 sept tapi di tanggal 15 okt nya kita haid. Apakah di bulan nov nya kita bs hamil? Dengan catatan sehabis haid tidak melakukan hubungan intim .. Thx

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Jika sehabis haid Anda tidak melakukan hubungan intim, maka kemungkinan untuk hamil tidaklah ada. Karena hadi terjadi karena sel ovum (telur) tidak mengalami pembuahan, sehingga terjadi peluruhan sel di dinding rahim.

Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat mendapatkan keturunan adalah saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid Anda teratur.

Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid.

Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Berikut rumus penghitungan masa subur:

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Berikut kami sertakan artikel:

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Jika Ingin Cepat Hamil

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga Anda dan pasangan cepat dikaruniai keturunan. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar