Sukses

Tumor Jinak di Pipi ?

20 Oct 2014, 04:37 WIB
Wanita, 20 tahun.

------------------------------ Pada Rab, 15 Okt 2014 09:29 ICT admin klikdokter.com menulis: >Bapak / Ibu yang kami hormati,Pertanyaan anda melalui email telah kami jawab >pada kesempatan pertama. >Jawaban untuk pertanyaan tersebut telah kami muat dan silahkanmelihatnya di >https://www.klikdokter.com/inbox/read/2014/10/15/41240/tumor-jinakSalam >hormat,Tim Redaksi Klikdokter > Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang ingin kami sampaikan. - Dimana letak tumor jinak yang Anda maksud? - Bagaimana konsistensi tumor jinak tersebut? padat atau lunak? - Berapa ukuran tumor jinak? - Apakah suami Anda memiliki gejala lain? seperti demam? penurunan berat badan? - Sejak kapan suami Anda menderita tumor jinak? - Apakah sudah berkonsultasi ke dokter? Sulit sekali bagi kami untuk menentukan diagnosis dan memberikan solusi penatalaksanaan bagi kondisi calon suami Anda dikarenakan keterbatasan informasi yang Anda berikan, selain itu dibutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menentukan penatalaksanaan yang tepat. Kami sarankan Anda membawa suami Anda ke dokter spesialis bedah untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan mencegah terjadinya perburukan dari tumor jinak menjadi ganas. > baik dok maaf saya tidak menjelaskan jadi calon suami saya memiliki benjolan di pipi sebelah kanan besarnya kira kira sebesar kelereng yang besarnya, tidak ada demam hanya berat badan sedikit berkurang. benjolan ini muncul sekitar 1 bulan yang lalu hanya baru terasa sakit sekitar satu minggu yang lalu dan sedikit gatal bila terpegang l. belum melakukan konsultasi kepada dokter dikarenakan ada rasa takut dok. terimakasih mohon pencerahannya.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sayang sekali sulit bagi kami untuk memberikan saran dikarenakan perlu dilakukan pemeriksaan fisik terhadap kulit, disertai wawancara medis lengkap, dan pemeriksaan penunjang. Apakah sudah pernah diperiksakan sebelumnya? Apakah sudah diketahui jenis tumor yang dialami calon suami Anda? Kemudian berapakah diameter tumor tersebut?Terdapat berbagai jenis tumor jinak yang dapat timbul di area wajah. 

Terapi terhadap tumor jinak bergantung pada lokasi, jenis, dan kedalaman tumor tersebut. Seringkali dibutuhkan biopsi untuk mengetahui jenis tumor.

Adapun jenis terapi yang sering dilakukan antara lain pembedahan insisional maupun eksisional, kuretase, electrosurgery, cryosurgery, dan sebagainya.

Rasa takut atau khawatir tersebut memang wajar Bu, namun supaya diagnosis dapat segera ditegakkan serta menjawab kekhawatiran Anda dan calon suami, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terlebih dahulu agar dapat dilakukan penanganan yang optimal. Dokter akan memberikan pilihan terapi, kemudian Anda dan calon suami dapat mendiskusikan pilihan yang terbaik bagi calon suami Anda. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga calon suami Anda lekas sembuh.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar