Sukses

Kualitas Sperma Menurun Akibat Masturbasi?

28 Nov 2014, 08:27 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat sore dok ! Saya seorang pria 24 tahun sudah menikah. Saya mengalami kelainan dengan sperma saya. Ketika ejakulasi, hanya sedikit sperma keluar dan itu pun sperti air putih biasa, tidak kental dan tidak bau apa-apa. Padahal dulu2nya tidak seperti itu. Dulu memang saya sering masturbasi sejak kelas 3 SD sampai saya menikah saya juga selalu melakukan hubungan setiap hari bahkan sampai berkali kali dalam sehari semalam. Apa saya kehabisan sperma dok ? Obat apakah yang harus saya konsumsi dok ? Saya juga mengkonsumsi makanan bergizi dan saya juga teratur olahraga dok. Saya mohon solusinya dok. terima kasih !

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Masturbasi sendiri tidak mempengaruhi kualitas sperma dan tidak menyebabkan terjadinya kemandulan. Jika Anda mengeluhkan kelainan produksi sperma, ada baiknya untuk mencari peyebab lain.

.Kekentalan atau viskositas cairan semen dapat diketahui secara pasti dengan pemeriksaan analisis semen (air mani). Analisis semen tersebut sebetulnya ditujukan untuk menilai kualitas serta kuantitas sperma pada kasus infertilitas (ketidaksuburan) pria.  Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan.

Untuk memastikan kondisi kesehatan organ reproduksi Anda, Kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi atau andrologi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar