Sukses

Bekas Luka Tak Kunjung Sembuh

20 Oct 2014, 12:57 WIB
Wanita, 19 tahun.

dear dokter, saya mempunyai keluhan dengan scar(bekas luka) yg mengganggu penampilan saya, scar ini sudah ada lebih dr 10 tahun dan berada di area kaki dari ujung sampai lutut.berbentuk bintik2 hitam seperti bekas cacar air, dulunya saat kecil saya terkena alergii kulit, sdah pernah konsultasi ke dokter waktu kecil,kata dokter tsb saat dewasa nanti hilang dg sendirinya, sekarang alergi sdah berkurang tpi bekas luka sangat mengganggu, saya pernah membaca tentang derma roller, apakah itu dapat saya lakukan untuk mengurangi / memudarkan/menghilangkan tampilan bekas luka lama saya ini? atau ada perawatan lain?? sejauh ini saya sudah pernah menggunakan berbagai produk seperti dermatix, gly derm, kojie san, tapi tidak nampak hasilnya, sekarang saya menggunakan tabir surya saja. mohon bentuannya, terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui gambaran lengkap dari bekas luka Anda, karena diagnosis penyakit kulit akan lebih mudah ditegakkan bila dilihat secara langsung. Namun Saya menduga keluhan yang Anda derita saat ini merupakan suatu keadaan yang disebut "prurigo". Keadaan ini dapat dialami setiap orang dalam segala usia, namun paling sering ditemukan pada kisaran usia 20-60 tahun.

Penyebabnya tidak diketahui, namun terdapat beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

  • Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen), faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.
  • Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lain
  • Faktor hormon / endokrin
  • Alergi makanan dan obat
  • Infeksi: tonsilitis dan sinusitis kronik.
  • Anemia kekurangan zat besi

Penderita prurigo biasanya memiliki kecenderungan alergi. Dan hingga 80% penderita prurigo memiliki riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi. Kulit merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi. Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap infeksi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
  • Gunakan pelembab pada tangan 
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Bila faktor-faktor risiko diatas dapat dihindari, bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Namun ada juga obat untuk menghilangkan bekas luka seperti hidrokuinon. Obat-obatan tersebut harus berada di bawah pengawasan dokter. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin.

Dermaroller adalah alat kecantikan berbentuk roll yang terdiri dari jarum-jarum yang berukuran sangat kecil (ada bermacam-macam ukuran mulai 0.5 mm – 2.0 mm). Fungsinya adalah untuk merangsang regenerasi kulit dari dalam, tanpa mengakibatkan pengelupasan kulit luar.Alat ini dimaksudkan agar terjadi perangsangan pembentukan kolagen oleh kulit. Secara umum alat ini aman digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dan bekas luka di wajah. Penggunaannya harus berada dibawah supervisi dokter yang berkompeten.

Yang Saya kemukakan saat ini hanyalah dugaan, saran Saya sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikannya. Pengobatan yang sesuai dan optimal baru dapat ditentukan bergantung penyebabnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar