Sukses

Kondom dan PMS

22 Nov 2014, 15:25 WIB
Pria, 19 tahun.

Saya melakukan hubungan seksual dengan PSK pada tgl 11 Oktober 2014. Saat berhubungan saya memakai kondom dan tidak melakukan ciuman. Apakah saya bisa terserang PMS? Apakah saya bisa terserang HIV bahkan telah memakai kondom? Butuh waktu berepa lama dari tanggal berhubungan untuk mengetahui apakah kita terjangkit PMS? Butuh waktu berapa lama untuk mengetahui apakah kita terjangkit HIV? Saat ini saya mengalami gatal-gatal di daerah pubis saja? Apakah itu pertanda saya terserang penyakit?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penggunaan kondom tidak 100% bisa mencegah siapapun untuk terkena PMS (Penyakit Menular Seksual). Meski Banyak yang menyatakan efektivitasnya dalam mencegah PMS, tapi ada pula yang menyangkal. Terutama bila hubungan tersebut dilakukan dengan orang yang bukan pasangan kita dan orang-orang yang berisiko tinggi mengidap PMS (contohnya PSK). 

Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah terkena PMS atau tidak adalah tergantung dari mikroorganisme penyebabnya. Misalnya, pada orang yang terkena gonore dapat timbul gejala setelah 2-5 hari atau bahkan lebih lama.

HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt.

Antibodi biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi. Masa ini disebut periode jendela (window period). Dalam masa seperti ini, bisa saja seseorang mendapatkan hasil tes negatif karena antibodinya belum terbentuk sehingga belum dapat dideteksi , tapi jika iya memang mengidap HIV sudah bisa menularkan virus. 

Gatal pada kelamin dan sekitarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, misalnya infeksi  jamur, bakteri, ataupun alergi karet atau bahan celana dalam.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar