Sukses

Penyebab Benjolan di Leher

15 Oct 2014, 15:14 WIB
Pria, 17 tahun.
Assalamualaikum wr wb. Dok saya mau tanya. Sejak saya lahir saya mempunyai benjolan atau jendolan di bagian leher sebelah kiri. Dulu sempat di bawa ke RS oleh ortu saya dan hasilnya katanya hanya batu angin yg katanya semakin saya dewasa akan menghilang. Tapi sampai sekarang belum hilang bahkan ukurannya mulai bertambah sekitar diameter 3-4 cm . Lunak dan dapat di goyang2 . Menurut orang2 itu adalah LIPOMA . Apa benar dok? Lalu bagaimana penanganannya dok? Terimakasih. Wassalamualaikum

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, sulit sekali bagi kami untuk mengetahui diagnosis penyebab benjolan di leher Anda tanpa adanya pemeriksaan fisik maupun penunjang sebelumnya. Benjolan di leher dapat disebabkan oleh lemak, otot, kelenjar getah bening, kelenjar tiroid dan lain sebagainya. Karena Anda bertanya mengenai lipoma , maka kami akan mencoba menjelaskan.

Lipoma adalah Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), namun juga dapat dijumpai pada anak-anak. Karena lipoma merupakan lemak, maka dapat muncul dimanapun pada tubuh ini. Jenis yang paling sering adalah yang berada lebih ke permukaan kulit (superficial). Biasanya lipoma berlokasi di kepala, leher, bahu, badan, punggung, atau lengan. Jenis yang lain adalah yang letaknya lebih dalam dari kulit seperti dalam otot, saraf, sendi, ataupun tendon.


Pada dasarnya lipoma tidak perlu dilakukan tindakan apapun, kecuali berkembang menjadi nyeri dan mengganggu pergerakan. Biasanya seseorang menjalani operasi bedah untuk alasan kosmetik. Operasi yang dijalani merupakan operasi kecil, yaitu dengan cara menyayat kulit diatasnya dan mengeluarkan lipoma yang ada. Namun hasil luka operasi yang ada akan sesuai dengan panjangnya sayatan. Cara lain non invasif yang dewasa ini dikembangkan sebagai terapi lipoma adalah Ultrasonografi. 

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter bedah untuk mengetahui penyebab benjolan di leher yang Anda keluhkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar