Sukses

Keringat Dingin dan Lemas

19 Oct 2014, 21:41 WIB
Pria, 25 tahun.

Minggu lalu bronkitis saya kambuh bahkan sempat keluar darah dan sudah periksa ke dokter spesialis paru, kebetulan saya pernah tes darah alergi dan ada alergi dok, dokter memberikan obat (codicaf 10mg, vectrine 300mg, loratadine 10mg) saat ini sudah mendingan nyeri dadanya namun 3 hari kemudian saya kok mengalami mudah capek dan pernah dalam satu hari timbul keringat dingin sampai 2x di siang hari, kadang batuk terus ada pilek, apakah itu normal krn efek obat atau bagaimana dok, mohon sarannya ?

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Obat codicaf yang Anda maksud obat dengan kandungan Codeine Phosphate? Bila yang Anda maksud adalah Codeine, maka efek samping dari obat ini bermacam-macam bisa juga muncul jantung berdebar. Jantung berdebar ini sering menimbulkan perasaan seperti keringat dingin. Apabila keluhan ini berlanjut Anda bisa kembaali ke dokter yang memberikan obat Anda. Bagaimana dengan pola makan Anda? Kami sarankan agar Anda istirahat yang cukup serta konsumsi makanan yang teratur, dan juga jangan lupa untuk olahraga 

Sekilas akan kami jelaskan dahulu mengenai proses terjadinya keringat hingga akhirnya timbul di permukaan kulit. Keringat diproduksi oleh kelenjar keringat atau kelenjar sebasea. Kelenjar sebasea memproduksi cairan keringat atas perintah sususan saraf otonom yang dikendalikan secara otomatis atau tidak sadar oleh tubuh.

Keringat berlebih yang saat ini Anda alami disebut dengan hiperhidrosis. Penyebab utama hiperhidrosis adalah stimulasi berlebihan sistem saraf simpatis. 

Kondisi ini memiliki hubungan langsung dengan status mental (psikologis) seseorang dan lingkungan. Rangsangan stress, cemas, dan faktor-faktor psikologis lainnya memiliki peran yang penting dalam memperberat kondisi ini. Namun, kondisi ini ini juga memiliki pengaruh genetik (keturunan).

Hiperhidrosis sendiri terbagi atas 3 yaitu : 

  1. Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.
  2. Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih.
  3. Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur. 

Anda dapat mencoba mempraktekkan teknik-teknik relaksasi untuk membantu Anda mengatasi faktor psikis atau berolahraga teratur untuk meningkatkan kebugaran sehingga dapat berperan membantu respon tubuh Anda terhadap suhu lingkungan. 

Namun Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan atau menyingkirkan diagnosis hiperhidrosis Anda disebabkan oleh karena penyakit jantung. Anda dapat menjalani serangkaian pemeriksaan seperti EKG, Echocardiografi, dsb. 

Berikut adalah link artikel yang dapat membantu menjelaskan lebih lanjut mengenai pertanyaan Anda:

Hiperhidrosis

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar