Sukses

Efek Samping KB

14 Oct 2014, 09:10 WIB
Wanita, 36 tahun.
malam dok saya sebelum pakai spiral,saya pakai suntik kb yang 3 bln karena berat saya naik terus saya ganti yang suntik 1 bln dibadan udah enak tapi waktu udah waktunya suntik saya ke klinik suntik yg 1 bln habis saya minta aja di suntik yg 3bln tapi kejadiannya malah saya ngeflek terus selama 3 bln,terus setelah waktunya harus suntik lagi saya dan suami punya inisiatif untuk pasang spiral tapi setelah pasang sudah 1bln ini saya mens terus,saya sudah periksa lagi dokter bilang karena hormon berubah apakah benar demikian dok?apakah saya tidak cocok pakai spiral? apa saya harus ganti lagi kontrasepsi lagi dok?

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, penyesuaian siklus haid selama beberapa bulan pertama seperti yang Anda alami dan peningkatan jumlah darah menstruasi.  Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Untuk pemakaian KB jenis apapun pasti menimbulkan efek samping jadi memang sebaiknya Anda mencari apa yang paling cocok untuk Anda. Haid berkepanjangan yang Anda alami bukan karena Anda tidak cocok dengan penggunaan KB tersebut namun bisa disebabkan oleh efek samping perubahan hormonal yang dihasilkan oleh KB sebelumnya ataupun efek samping dari pemasangan spiral Diskusikan dengan dokter Anda mengenai pilihan KB lain bila diperlukan.

 

Berikut kami lampirkan artikel:

Kontrasepsi mekanik

Pil KB Dapat Mengurangi Risiko Endometriosis

Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar