Sukses

Benjolan pada Ketiak

28 Nov 2014, 11:26 WIB
Wanita, 24 tahun.

siang dok...saya sekarang sedang hamil 7 bulan anak ke 2...setelah melahirkan anak pertama, kedua ketiak saya membesar sebesar telur ayam...dan kalau diraba,ketiaknya terasa lunak dan kenyal, dan agak terasa sakit...saya mau tanya,itu kelenjar apa ya dok..?dan sampai sekarang ketiak itu belum mengecil juga...kira2 bahaya gak dok ya??dan apakah setelah melahirkan anak ke 2 ini,benjolan itu bisa mengecil??mohon penjelasannya ya dok...

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa pertanyaan yang harus kami konfirmasi terlebih dahulu :

  • Berapa besar ukuran benjolan tersebut?
  • Apakah benjolan tampak kemerahan dan bernanah?
  • Apakah benjolan dapat digerakkan atau melekat pada jaringan di bawahnya?
  • Apakah terdapat benjolan di tempat lain?
  • Apakah disertai keluhan lain seperti demam, lemas, berat badan turun, keringat malam, dsb?
  • Apakah anda memiliki kebiasaan menyabut bulu ketiak?
  • Apakah anda mengalami keluhan pada payudara anda?
  • Apakah dalam keluarga ada yang mengalami riwayat tumor payudara?

Sayang sekali informasi yang Anda sampaikan masih sangat terbatas. Namun, selain informasi yang cukup lengkap pun masih diperlukan evaluasi lebih lanjut termasuk pemeriksaan benjolan secara langsung untuk memastikan penyebabnya. Beberapa pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah, USG atau mammografi mungkin diperlukan sesuai indikasi.

Penyebab benjolan pada ketiak sangat banyak, salah satunya adalah karena kanker payudara.Namun, mengingat usia Anda saat ini yang masih tergolong muda, kemungkinan penyebaran kanker payudara sebagai penyebab benjolan ketiak sangat kecil. Bisa saja benjolan tersebut merupakan peradangan kelenjar keringat ataupun kelenjar limfe. Kami menyarankan Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk mengetahui diagnosis dan tatalaksana yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar