Sukses

Belum Ada Tanda Persalinan Pada Kehamilan 40 minggu

20 Oct 2014, 10:02 WIB
Wanita, 34 tahun.
dok sy mau tx....skrg usia kandungan sy genap 40 mgg hri ini ini,dktr sdb kasi sy tegang wkt slm 1 mgg dri kmr tp sampai hri ini blm ada tanda2 klhiran. 1mgg yg llu hsil usg sy menunjukkan klu air ketuban sdh mulai keruh.sy tx apakah normal dok kehamilan sy ini sdh pd mfg ke 40 tp blm khran,sbnrx tgl brp pasx u sy mlhrx dok( sy haid dri tgl 6-9 januari ), dktr meyarankx sy u mlhrx dgn cra dirangsang sj. tindakax apa yg sy hrs lkkn skrg dok? apakah sy hrs menunggu samapi ada tanda atau hrs pksa dfn cra rangsangan.tlg jwbnx dok, tx
dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu yang terhormat.

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Pertama-tama kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Perlu Anda ketahui bahwa proses persalinan bervariasi antar individu dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Usia kehamilan yang dikatakan normal adalah dengan lama 37- 41 minggu. Jika telah melewati waktu tersebut, kami sarankan Anda mengikuti saran dokter kandungan Anda untuk langkah terbaik.

Adapun risiko yang dapat terjadi apabila bayi belum dilahirkan jika melewati usia kehamilan normal adalah berkurangnya kadar oksigen dan nutrisi yang didapat oleh bayi, sehingga ditakutkan bayi tidak dapat tumbuh sebagaimana mestinya, detak jantung bayi melemah, dan proses persalinan akan lebih sulit.

Sementara itu, Anda tetap harus memperhatikan adanya tanda-tanda persalinan, seperti adanya kontraksi atau perut terasa kencang. Perut yang terasa kencang terjadi karena adanya kontraksi pada rahim. Mendekati persalinan, akan terjadi kontraksi dalam interval yang teratur, berlangsung hingga 30-70 detik, dan jarak antar dua kontraksi semakin dekat. Kontraksi juga terus berlangsung tidak berhenti meskipun merubah posisi, semakin menguat, dan awalnya terasa pada bagian punggung kemudian menjalar ke arah perut. 

Beberapa tanda lain menjelang waktunya persalinan antara lain :

  1. Adanya lendir bercampur darah 
  2. Sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Hal ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai Anda mendapatkan kontraksi yang teratur atau air ketuban yang pecah, sebelum Anda pergi kerumah sakit. Namun Anda harus segera menghubungi dokter apabila mengalami pendarahan hebat.
  3. Air ketuban pecah
  4. Kantung ketuban yang mengelilingi bayi akan pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau. 
  5. Kontraksi yang teratur
  6. Mulai usia kehamilan 38 minggu, umumnya timbul kontraksi tidak teratur yang disebut kontraksi Braxton hicks. Namun kontraksi tersebut bukan termasuk tanda persalinan. Kontraksi yang menandakan proses persalinan timbul secara teratur. Awalnya kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama, bertambah sering dan bertambah kuat. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.

Bila Anda merasa cemas dan merasakan gejala lain selain yang kami sebutkan di atas, segera berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga Anda dan janin Anda selalu sehat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar