Sukses

Luka Operasi Infeksi, Harus Bagaimana?

19 Oct 2014, 01:42 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok saya ingin bertanya. Saya sudah operasi skoliosis juli 2013 ahun lalu. Kemudian bulan april 2014 saya operasi laminectomy utk revisi krn skrup lepas, tapi seminggu setelah itu saya mengalami infeksi dan muncul fistel. Dan kering setelah saya kembali revisi lagi bulan juni 2014 tetapi muncul lg fistel di beberapa tempat. Oleh dokter fistel dpotong kemudian baru kering bulan juli. Tapi september muncul infeksi lagi yg awalnya hny benjolan kecil kemudian semakin membesar dan ada cairan didalam. Sekarang kulit saya menjadi rusak tipis dan perih. Apa pen saya harus dicopot? Terimakasih.

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. 

Sayang sekali karena kami tidak melakukan pemeriksaan langsung maka kami tidak dapat mengetahui dengan mendetil kondisi kesehatan Anda.

Sebelum melanjutkan perlu kami tegaskan terlebih dahulu, apakah infeksi terjadi di daerah luka operasi Anda?

Infeksi pada daerah sekitar luka operasi dapat disebabkan karena perawatan luka yang tidak baik. Luka perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka  bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. 

Untuk memastikan mengenai kondisi kesehatan Anda dan tindakan yang harus dilakukan selanjutnya, kami sarankan Anda mendiskusikan hal ini dengan dokter yang memeriksa Anda, karena dokter yang memeriksa Anda adalah dokter yang paling mengetahui informasi lengkap mengenai kondisi Anda sehingga dapat memberikan pendapat yang terbaik. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter dan berdiskusi mengenai pilihan-pilihan tindakan yang tepat untuk Anda. Kami doakan dan harapkan yang terbaik untuk Anda!

Semoga Anda cepat sembuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar