Sukses

Usia Dewasa Namun Kekanak-kanakan

20 Oct 2014, 00:31 WIB
Wanita, 27 tahun.
Terimakasih sudah menjawab pertanyaan saya yang sebelumnya.. Masih berhubungan dengan pertanyaan saya yang sebelumnya, wanita yang berusia 31 thn tersebut maksud saya sikapnya kekanak-kanakan/tdk dewasa sehingga beberapa laki-laki yang dekat dengannya akhirnya meninggalkannya karena mungkin kurang nyaman dengan sikapnya. Adiknya dan sepupunya pun jauh lebih dewasa dibanding dirinya padahal umurnya di bawah dia. Kalau dilihat dari segi kejiwaan dia normal tp pembawaan sikapnya yang selalu kekanak-kanakan dan selalu tergantung pada ibunya. Pertanyaan saya: 1. Apakah ke depannya dia bisa berubah menjadi pribadi yang dewasa dari segi pemikiran,ucapan dan tindakan karena saya sebagai keluarganya merasa semakin bertambah umur bukannya bertambah dewasa malah dia tetap kekanak-kanakan? 2.Apakah itu bawaan lahir atau pengaruh penyakit dimasa kecilnya?karena sejak kecil dia sangat rewel menangisnya suka lama sulit berhenti. Waktu bayi dia pernah stef/kejang.. Sekian pertanyaan dari saya, terimakasih atas perhatiannya.

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nanun selama sikap kekanak-kanakan tidak disertai gangguan intelektual, gangguan hubungan dengan orang lain, maka tidak dapat digolongkan sebagai sebuah gangguan jiwa, terlebih tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter. 

Berdasarkan cerita Anda, sepertinya teman Anda tidak menunjukkan gejala gangguan jiwa tertentu. Sikap kekanak-kanakan juga tidak berhubungan dengan kejang yang sempat terjadi pada masa kanak-kanak.

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, untuk menegakkan diagnosis penyakit gangguan jiwa diperlukan anamnesis atau wawancara medis yang mendetil secara langsung dengan pasien. Untuk memastikan dapat dilakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis psikiatri.
 
Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter
 

0 Komentar

Belum ada komentar