Sukses

Pil KB setelah Suntik KB

19 Oct 2014, 14:00 WIB
Wanita, 31 tahun.
Selamat Siang Dok.. Usia saya 31 tahun, dan saya mau tanya tentang KB suntik 3 bulan. Saya pakai KB Suntik 3 bulan dan sudah 3 kali saya melakukan KB tersebut. Dan selama bulan september 2014 saya mengalami flek sampai sekarang, apakah itu wajar?? Saya ingin mengganti KB suntik dengan PIL KB, seharusnya saya suntik KB tgl 4 Oktober 2014, tapi saya belum suntik juga. Apakah saya boleh langsung mengkonsumsi pil KB???
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Sehingga pada kasus Anda memang wajar karena hal itu memang efek samping dari penggunaan KB suntik. Boleh saja jika Anda ingin langsung mengonsumsi pil KB, tetapu pada awalnya pasti masih akan terdapat gangguan dari siklus haid. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan organ kandungan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Fokus Urus Anak, Tidak Ada Salahnya Pakai Kontrasepsi

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan

Mencegah Kehamilan Tanpa Kontrasepsi: Metode Ritmik

Kontrasepsi Suntikan Progestin

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO) 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar