Sukses

Nyeri Dada Kanan dan Kiri

19 Oct 2014, 16:18 WIB
Pria, 16 tahun.
dok saya mengalami sakit dibagian dada sebelah kanan dan kiri, dan sakitnya selalu berpindah kebagian kiri dan kanan, sekarang dada bagian kanan saya terlihat lebih besar daripada kiri dan dada bagian kanan saya sakit jika disentuh. dok apa penyakit yang saya alami ini?
dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah nyeri tersebut menjalar ke bagian lain? Berapa lama nyeri berlangsung? Apakah sebelumnya Anda melakukan aktifitas fisik, olahraga berat, atau mengalami cedera? Apakah ada gejala batuk, nyeri saat menarik napas, sesak napas, nyeri ulu hati, mual, muntah? Apakah ada riwayat sakit maag/lambung? Apakah Anda merokok? 

Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain: 

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala lain dapat berupa rasa asam atau pahit di mulut, rasa panas atau nyeri di ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada karena masalah psikologis atau stress
  • Nyeri dada akibat gangguan jantung

Oleh karena itu, untuk memastikan penyebab nyeri Anda, diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter agar dapat diketahui karateristik nyeri dan diagnosis banding. Kami menyarankan Anda untuk langsung menemui dokter umum terdekat untuk penatalaksanaan lebih lanjut. 

Berikut kami lampirkan artikel tambahan untuk referensi Anda:


Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar