Sukses

Nyeri Bagian Lumbal & Nyeri Perut Menajalar Hingga Selangkangan

20 Oct 2014, 08:11 WIB
Wanita, 29 tahun.
Assalamu'alaikum...dok,saya mau tanya?minggu kemarin saya menyeret buku yang ada dlm kardus.karadus pertama tdk mslh kadus kedua sakit banget bagian lumbal.buat gerak rasanya sakit sekali.1.itu skt p ya,dok?ad yang bilng terkilir,tp stlh dipijat msh skt,dan rs sktx smp kedlm perut.2.perut kadng terasa keras dan kadang bagiann slangkangn jg terasa skt.3 kl sy mau berobat,berobat kedokter p?spesialis p doktr umum.sebelum dan sesudahx sy ucapkan terima kasih.Wassalamu'alaikum

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Saat ini sangatlah sulit untuk menentukan penyebabnya mengingat keterbatasan kami dalam mengumpulkan informasi dan melakukan pemeriksaan fisis langsung pada Anda. Namun, kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan Anda.

1. Nyeri di Bagian Lumbal

Nyeri bagian lumbal yang Anda alami termasuk dalam golongan Nyeri punggung bawah/Low back pain. Terdapat berbagai keadaan yang dapat menyebabkan keluhan ini, namun sebagian besar disebabkan oleh peregangan berlebihan akibat aktivitas berulang atau mobilisasi yang salah. Berdasarkan waktu keluhannya, LBP dibedakan menjadi LBP akut dan LBP kronis. Disebut LBP akut apabila keluhan tersebut dirasakan dalam waktu kurang dari 12 minggu, sedangkan dikatakan kronis apabila sudah dialami selama lebih dari 12 minggu.

Adapun risiko terjadinya LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga.

Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan (artritis rheumatoid), osteoporotik, kelainan bentuk pada tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:
  • biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Apabila setelah menerapkan tips di atas keluhan tidak juga membaik, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk tatalaksana yang optimal.

2. Nyeri Perut Menjalar Hingga Ke Selangkangan

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut . Nyeri perut bagian atas dapat disebabkan oleh gangguan pada lambung, hati, pankreas dan limpa, selain itu dapat pula disebabkan oleh gangguan pada otot dan kulit. Posisi perut bagian bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ perkemihan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Sedangkan organ yang terletak di antara perut bawah dan paha terdiri dari ureter dan organ pencernaan (usus). Nyeri perut menjalar hingga ke selangkangan dapat disebabkan pula oleh batu saluran kemih atau infeksi pada saluran kemih.

Kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter penyakit dalam untuk mengetahui penyebab keluhan yang Anda rasakan agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar