Sukses

Posisi Kepala Bayi & Susah Tidur Siang

20 Oct 2014, 10:35 WIB
Wanita, 21 tahun.
Yth.Dokter yang di tempat. Mau tanya ni dok, saya punya anak usianya baru 4 bulan, kalau di gendong sambil di dudukan kok kepalanya agak miring ke keri, apakah nanti bisa normal lagi dan ga miring lagi dok. dan dia juga kalo siang susah tidur dok. tolong kasih solusi yang terbaik buat anak saya dok. terima kasih banyak dok.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bayi 4 bulan pada umumnya memang sudah memiliki kontrol kepala yang cukup baik pada saat didudukinya dan bisa menahan kepala dan lehernya pada saat posisi tengkurap. Namun perkembangan masing-masing anak berbeda-beda, jika Anda merasa khawatir sebaiknya Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. 

Saat lahir, anak masih bingung antara siang dan malam. Terlebih anak Anda masih berusia 4 bulan, oleh karena itu akan lebih baik untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik lebih awal. Cara terbaik yang dapat diajarkan orangtua adalah dengan menjadikan suasana senang dan gembira selama siang hari, dan membuatnya tenang bahkan membosankan pada malam hari.

Anak yang terbiasa tidur dalam suasana yang sangat tenang akan kehilangan kemampuan alaminya untuk tidur dalam suasana kesibukan rumah tangga normal. Bila dibiarkan anak biasanya akan tenang dan kembali tidur.

Satu lagi pemikiran yang salah tentang menidurkan anak adalah dengan menggendongnya hingga anak benar-benar tertidur sebelum akhirnya dibaringkan di tempat tidur. Beberapa tips untuk menidurkan anak yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Upayakan untuk selalu membaringkan anak anda ketika ia masih dalam keadaan mengantuk, sebelum benar-benar tertidur.
  2. Apabila Anda diperlukan untuk menenangkan anak Anda kembali, cobalah untuk tenang dan bahkan menjadi sedikit membosankan.
  3. Seka tubuh anak Anda yang berkeringat sebelum tidur dengan handuk hangat
  4. Upayakan selalu menerapkan kebiasaan menjelang tidur yang dpat dikenali. Baringkan ia di tempat tidur, membaca buku cerita bersama, nyanyikan sebuah lagu, kegiatan menyenangkan dan penuh kasih sayang yang dilakukan berulang menjelang tidur akan dikenali anak Anda sebagai tanda waktunya untuk tidur.

Demikian informasi  yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar