Sukses

Keluar Cairan dari Vagina Setelah Berhubungan

20 Oct 2014, 10:39 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selamat pagi, Dok, Saya baru menikah belum genap 2 bulan, saya & suami LDR (berjauhan), jadi kami hanya bisa bersenggama 2 hari dalam seminggu. Ketika selesai bersenggama di malam hari, di pagi hari hingga siang hari (selama setengah hari) vagina saya sering mengeluarkan cairan, terasa seperti keputihan, tapi beda bentuknya dan berbau, hal ini terjadi setelah bersenggama saja, sedangkan di hari-hari biasa dimana kami tidak bersenggama, maka saya tidak mengalami hal ini, yang jadi pertanyaan 1. apakah hal ini normal? 2. itu termasuk cairan apa & kenapa berbau? 3. bagaimana cara menanganinya? karena saya merasa tidak nyaman dengan baunya, terima kasih atas perhatiannya

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan cairan yang keluar setelah habis bersenggama adalah cairan ejakulasi yang tersisa. Pada saat ejakulasi, seorang pria normalnya akan mengeluarkan cairan sebanyak 2-5 ml yang terdiri dari cairan mani dan sperma. Sperma yang berukuran mikroskopik dapat masuk ke rahim melalui mulut rahim sedangkan sisa cairannya akan tertinggal di dalam vagina. Apabila cairan ejakulasi keluar dari vagina sesaat setelah melakukan hubungan seksual atau pada pagi harinya, hal tersebut masih wajar terjadi karena cairan ejakulasi tidak diserap dan akan keluar sebagian. Sebaiknya setelah selesai berhubungan, Anda dapat mempertahankan posisi berbaring dengan dialaskan bantal selama 5-10 menit agar cairan mani tidak langsung keluar.

Namun apabila cairan yang dikeluarkan berubah warna, berbau dan menyebabkan gatal  terlebih apabila disertai keluhan buang air kecil dan nyeri perut bawah, sebaiknya konsultasikan diri Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan karena  bisa saja yang dialami adalah keputihan. Cairan vagina yang patologis umumnya disebabkan oleh infeksi sehingga diperlukan terapi antikuman secara optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar