Sukses

Tipe dan Gejala Hepatitis

19 Oct 2014, 22:33 WIB
Pria, 25 tahun.
doc, apa itu penyakit hepatitis, dan apa gejala yang di timbulkan
dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Hepatitis adalah penyakit akibat virus, yang menginfeksi organ hati (liver). Terdapat beberapa varian virus yang dapat menimbulkan Hepatitis antara lain A, B, C, D, E. Izinkan saya menjelaskan masing-masing tipe Hepatitis tersebut.

Hepatitis A menginfeksi manusia melalui makanan atau minuman yang dimasukkan lewat mulut, virus ini menimbulkan peradangan dan infeksi di organ hati. Gejala yang ditimbulkan atara lain demam, lemah, mual dan muntah, nyeri perut, kulit dan mata nampak berwarna kuning dan terkadang terlihat warna lebih gelap pada pada urin dan tinja. Penyebaran hepatitis A ini juga dapat terjadi saat dua orang makan melalui media yang sama. Ketika sistem imun tubuh sedang prima, seringkali kita tidak sadar bahwa kita telah terinfeksi hepatitis A, namun kemudian tubuh kita membentuk kekebalan yang abadi terhadap virus ini.

Hepatitis B  menginfeksi manusia melalui cairan tubuh seperti darah, sperma, tetapi tidak dapat ditularkan melalui keringat, inilah yang sering disalahartikan oleh masyarakat luas. Penularan seringkali terjadi melalui kontak seksual, penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi darah yang mengandung virus, dan penularan dari ibu ke anak saat persalinan. Infeksi dapat berupa infeksi akut (kurang dari 6 bulan) maupun kronik (lebih dari 6 bulan). Hepatitis B yang tidak segera ditangani dapat berkembang menjadi gagal hati, sirosis hati, dan kanker hati. Gejala yang ditimbulkan dapat tidak dirasakan atau dapat serupa dengan Hepatitis A. 

 

Penularan dan gejala Hepatitis C umumnya serupa dengan hepatitis B. Sementara Hepatitis D, meskipun jarang ditemukan, namun merupakan infeksi serius yang umumnya menyertai Hepatitis B. 

Hepatitis E, merupakan infeksi akut yang ditularkan melalui kontaminasi makanan atau air yang masuk lewat mulut, dengan gejala serupa dengan Hepatitis A. (Baca: Hepatitis Mengintai)

Berikut kami berikan artikel terkait untuk menambah informasi Anda:

 

Demikian informasi yang  dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar