Sukses

Berhubungan Intim dan Program Hamil Pasca Kuretase

20 Oct 2014, 10:50 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dok. saya mau tanya belum lama ini saya abis keguguran dan abis dikiret karena kehamilan saya BO, 12 hari setelah dikiret saya mens memang tidak banyak 4 hari sudah bersih . Apakah sudah normal rahim saya dok? dan kami sudah berhubungan tanpa pengaman Apakah ada kemungkinan saya bisa cepat hamil lagi? Normalnya seberapa cepatkah bisa hamil lagi setelah keguguran khususnya pasca kiret? Mengapa setelah berhubungan dgn suami saya selalu ada bercak darah di celana dalam memang ga bnyak, tapi apakah itu berbahaya dok, biasanya tidk pernah tapi setelah abis dikiret setiap abis berhubungan pasti ada keluar darah campur lendir walaupun tdk bnyk tapi saya khawatir sebenarnya apa penyebabnya? saya mohon jawabannya Terimakasih.
dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pasca tindakan kuret, sudahkah Anda melakukan kontrol ke Dokter Kebidanan dan Kandungan Anda? 

Mengenai rencana untuk kembali hamil. Bila Anda sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal. Anda disarankan menunggu hingga lewat 3 siklus menstruasi atau sekitar 3 bulan setelah kuretase sebelum memulai program hamil lagi, untuk menunggu penyembuhan rahim seperti semula, serta supaya Anda siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. 

Adapun untuk mempersiapkan kehamilan pasca keguguran, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan seperti:

  • Ketahui masa subur Anda:
  • Ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. 
  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Anda ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas.
  • Konsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari seperti yang sudah Anda lakukan sebelumnya agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Lakukan hubungan intim 3-4 kali per minggu

Selanjutnya mengenai berhubungan intim setelah kuretase, boleh dilakukan asalkan sudah tidak ada lagi darah yang keluar dari rahim. Pada umumnya darah sudah tidak keluar lagi setelah 1 minggu pasca kuretase. Anda dan suami boleh melakukan hubungan seksual, tetapi disarankan menggunakan alat kontrasepsi untuk menghindari terjadinya kehamilan saat kondisi dinding rahim belum siap. Mengenai bercak darah yang terlihat setelah Ibu berhubungan intim, kami menyarankan Anda untuk memeriksakannya ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan karena dibutuhkan pemeriksaan fisik serta penunjang untuk mencari sumber perdarahan tersebut. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter 

0 Komentar

Belum ada komentar