Sukses

Efek Obat Nikolam (Thiamphenicol) ?

08 Oct 2014, 11:45 WIB
Pria, 16 tahun.
saya sudah sempat bawa kedokter dan diberikan obat NIKOLAM sebagai antibiotiknya,tapi sekarang malah keluar diwajah ,kemerah-merahan dan memang seperti bentol-bentol tipis,saya juga sudah cek alergen, saya alergi dengan : debu,daging ayam,kapuk,hestamin,kacang tanah,telur, saya sudah tidak pernah mengkonsumsi makanan tersebut tetapi mengapa alerginya masih saja berlanjut,dan apakah ini efek obat yang wajar?, Terimakasih sebelumnya.
dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun kami membutuhkan informasi yang lebih lengkap antara lain; Apakah diagnosis penyakit Anda dan indikasi pemberian antibiotik dari dokter Anda? Sejak kapan Anda terdiagnosis? Sudah berapa lama Anda mengkonsumsi obat tersebut.

Nikolam mengandung Thiamphenicol yang merupakan antibiotik yang sering diindikasikan untuk infeksi saluran pernapasan, saluran cerna, dan masih banyak lagi. Efek samping dari obat ini jarang dilaporkan, namun terdapat kasus urtikaria, gangguan saluran pencernaan, dan gangguan pembentukan sel darah. 

Keluhan yang Anda rasakan dapat merupakan salah satu gejala atau merupakan perkembangan dari penyakit Anda, atau memang dikarenakan efek samping dari penggunaan antibiotik tersebut. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter yang sebelumnya memeriksa Anda, dikarenakan dokter tersebut telah melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh terhadap Anda, dan mengetahui diagnosis dan pertimbangan memberikan antibiotik tersebut kepada Anda. Anda bisa memberitahukan keluhan yang Anda rasakan saat ini dan efek setelah minum antibiotik tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar