Sukses

Anak Susah Makan

10 Oct 2014, 04:57 WIB
Wanita, 4 tahun.
Anak saya susah makan dan saya memberi nya Vitamin Curcuma Plus, apa itu bagus utk di konsumsi..?? Anak saya kalau makan 1 jam, minum susu juga satu jam, itu bagaimana ya cara mengatasi nya,,,??

Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan,Salam saya untuk buah hati Anda. Sayang sekali Anda tidak menyebutkan berapa berat badan anak Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah agar berat badannya tidak bertambah turun, dan perlu diusahakan untuk naik.

Bagaimana dengan aktivitas anak Anda? Apakah anak Anda tergolong anak yang aktif? Bagaimana dengan jadwal makannya? Apakah anak Anda sudah makan makanan utama (nasi, lauk, sayur) dengan jadwal yang teratur, 3x sehari, disertai camilan di sela-sela jadwal makan utama? Apakah anak Anda mau makan makanan utama atau hanya makan makanan camilan saja?

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Sehingga anak Anda membutuhkan 1400 kalori setiap harinya. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. 

Secara umum penyebab tersering yang menyebabkan anak tidak mau makan adalah :

  • Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki,dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.
  • Minum susu terlalu banyak. Padahal setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi susu! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtua
  • Bosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.
  • Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.
  • Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan krn anak sedang sakit atau sedang sedih.

Apa kira-kira penyebabnya pada anak Anda? 

Anak sedang aktif-aktifnya untuk bermain dan mempelajari sekitarnya. Makan dapat dianggapnya mengganggu aktivitas yang dilakukan. Apabila anak tidak mau makan maka cobalah untuk menyuapinya dalam suasana anak sedang bermain atau menonton tivi. Pada suasana tersebut umumnya anak sedang senang hatinya dan mau disuapi makanan

Yang perlu diingat baik-baik oleh setiap orangtua adalah seberapapun anak susah makan, ia tidak akan membiarkan dirinya kelaparan. Artinya, begitu ia kelaparan, maka ia akan makan. Tetap kreatif mengolah & menyajikan makanan, bina komunikasi yang baik, serta bersabar.

Vitamin untuk anak boleh diberikan sesuai kebutuhan dan pemberiannya bergantung pada kandungan produk multivitamin bersangkutan atau jenis vitamin yang diberikan. Ibu dapat memberikan produk vitamin yang dijual di pasaran, selama Ibu memperhatikan kandungan dan cara pemakaian yang terdapat pada kemasan produk tersebut.

Yang lebih penting adalah makan-makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti), protein (daging sapi, ayam, ikan), lemak (minyak, daging. susu), vitamin dan mineral (sayur-sayuran dan buah-buahan). Jika seluruh asupan nutrisi telah diberikan dengan seimbang dan mencukupi, sebenarnya anak tidak memerlukan tambahan asupan vitamin.

Kami sertakan artikel:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar