Sukses

Diet Gula, Bahaya?

16 Oct 2014, 09:18 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok,saya mau tanya.... Saya saat ini sedang menjalani diet,saya menghindari minyak goren,gula&penyedap rasa. dan saya mengganti nasi dengan roti gandum/ketela/jagung/kentang. apakah berbahaya untuk tubuh saya jika saya tidak mengkonsumsi gula sama sekali? Terimakasih.....

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter

Gula dalam istilah gizi merupakan sebuah bentuk dari karbohidrat. Dimana karbohidrat juga merupakan salah satu bentuk sumber bahan makanan dan sumber energi yang diperlukan tubuh kita, disamping protein dan juga lemak. Jenis gula yang paling sering digunakan adalah kristal sukrosa padat.

Terlalu banyak mengkonsumsi gula memang tidak baik untuk tubuh karena dapat menyebabkan kegemukan, penyakit diabetes, kerusakan gigi, penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali. Anda tetap membutuhkan gula dalam jumlah yang sedikit, setidaknya 5% dari kebutuhan kalori per hari untuk kebutuhan energi. 5% gula ini berarti hanya 50 g gula dalam sehari untuk dewasa dengan berat badan normal. Dengan gula 5% ini maka resiko akan terjadinya obesitas, kerusakan pada gigi serta obesitas dapat dikurangi. Sumber gula tidak hanya didapat dari gula pasir/gula merah, bisa juga didapat dari nasi, buah, dan lain-lain. 

Beriku kami lampirkan artikel seputar gula:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

TIm Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar