Sukses

Perubahan Menstruasi Pasca KB Suntik

19 Oct 2014, 21:51 WIB
Wanita, 19 tahun.
Saya wanita berusia 19 tahun. Saya pernah hamil lalu keguguran. di tanggal 19 agustus saya suntik KB 1 bulan lalu di tanggal 10 september saya menstruasi di tanggal 17 saya berhenti menstruasi lalu di tanggal 20 saya menstruasi lagi sampai tanggal 25 september. Seharusnya di tanggal 21 september saya memperpanjang kb suntik tetapi tidak karena memang sudah berencana ingin punya anak. Tapi di tanggal 7 oktober saya kembali mentruasi. Normalkah ini? Terima kasih

Terima kasih karena Anda telah setia menggunakan fasilitas KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan berbagai efek samping dari penggunaan KB suntik.  Efek samping dari penggunaan KB tersebut bermacam-macam seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (haid yang banyak dan lama) (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Untuk waktu hilangnya efek samping bisa beberapa hari, bulan hingga tahunan karena dapat terjadi perubahan hormonal. Bila gangguan ini terus berlangsung kami anjurkan Anda kembali konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. 

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar