Sukses

Probiotik dan Hipertensi

17 Oct 2014, 04:04 WIB
Pria, 61 tahun.
Saya dengar konsumsi probiotik baik dan bermanfaat bagi hipertensi - membuat tekanan darah lebih terkontrol. Selain yakult dan yogurt, apakah tapai juga merupakan makanan probiotik? Jika ya, berapa banyak jumlah tapai perlu dikonsumsi supaya manfaatnya terasa? Terima kasih

 Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Ya, memang ada penelitian mengaitkan konsumsi probiotik dengan penurunan tekanan darah. Pendapat ini belum disetujui 100% karena tetap harus ada penelitian lanjutan oleh karena beberapa alasan. Probiotik pun sering dikatikan dengan penurunan lemak jahat di tubuh yang dapat memperberat kondisi hipertensi. Namun tetap pada kondisi hipertensi harus diseimbangi dengan pola hidup sehat dan konsumsi obat tekanan darah yang rutin. Probiotik bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti keju, susu, ataupun suplement probitoik. 

Menurut penelitian yang dipublikasi di jurnal "Hypertension" terlhat adanya penurunan tekanan darah apabila probiotik dikonsumsi > 8 minggu dengan dosis kandungan bakteri di dalam probiotik > 1011 colony-forming units dan hal ini lebih efektif bila memang pasien menderita tekanan darah diatas 130/85. Hal ini masih merupakan hasil penelitian jadi belum ditetapkan sebagai pedoman pengobatan. Anda juga dapat melakukan konsultasi lanjutan ke dokter specials penyakit dalam apabila Anda benar menderita hipertensi.

Kami juga lampirkan beberapa artikel terkait untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 


Salam, 


0 Komentar

Belum ada komentar