Sukses

Cara Mengatasi Karang Gigi

20 Oct 2014, 07:22 WIB
Pria, 18 tahun.
assalamu'alaikum,, dok bagaimana cara mengatasi karang gigi ? apakah ada pasta gigi yang bisa mengatasinya ? jika ada apa nama pastanya dok ... terimaksih
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebelum menjawab langsung pertanyaan Anda saya akan menjelaskan sedikit mengenai karang gigi. Pada permukaan gigi kita terdapat suatu lapisn yang akan selalu terbentuk yang banyak mengandung bakteri dan mikroorganisme juga bercampur dengan sisa makanan yang disebut plak.  Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak, air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi (dental calculus).

Menyikat gigi yang tidak benar serta optimal dan penurunan aliran air ludah dapat mempercepat pembentukan karang gigi. Daerah pada gigi yang paling sering tedapat karang gigi adalah pada bagian yang berbatasan dengan gusi. Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan dengan bantuan dokter gigi menggunakan alat khusus, baik secara manual atau menggunakan mesin scaler dan tidak dapat dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Untuk mencegah terbentuknya karang gigi maka hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikatnya secara benar dan tepat juga memaksimalkan kebersihan gigi dengan flossing atau membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride untuk memaksimalkan kesehatan gigi Anda.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Plak dan Karang Gigi

Pembersihan Karang Gigi Merusak Email?

Gusi Berdarah karena Karang Gigi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar