Sukses

Solusi Sabun & Pelembap untuk Kulit Gatal karena Eksim

20 Oct 2014, 07:06 WIB
Pria, 22 tahun.
saya memiliki penyakit eksim, kalau dicocokkan gejalanya ini termaksud eksim kering. saya sudah ke dokter kulit di dekat domisili saya, beliau mengatakan kalau ini penyakit turunan dari gen dan kalau dilihat dari riwatat nenek yang positif menderita eksim. Beliau mengatakan kalau bekas luka akibat eksim ini dapat dihilangkan, tetapi virus eksimnya sendiri tidak dapat dihilangkan dia akan muncul kembali apabila pemicunya tertarik kembali. Yang jadi pertanyaan saya adalah 1. Apa bernar virus ini tidak dapat dihilangkan ? Saya berencana ingin berobat ke luar negri tetapi apabila memang benar2 tidak dapat dihilangkan maka saya akan membatalkan niat saya ke luar 2. Makanan apa saja yang harus saya jauhi ? karena jujur saya tidak tahu apa yang memicunya 3. Makanan apa saja yang direkomendasikan untuk saya ? 4. Daridulu saya tidak pernah terkena eksim, tetapi apakah berhubungan dengan kegemukan ? karena akhir2 ini saya memang jarang olahraga karena kesibukan saya sehingga bobot saya meningkat sekitar 15 kg. 5. Sabun apa yang direkomendasikan untuk saya ? apa benar saya tidak boleh menggosok bagian luka tersebut dengan sabun ? 6. Apa ada obat penghilang gatal yang tidak menyebabkan ketergantungan yang bagus ? karena jujur saya sangat merasa jengkel apabila gatal dan saya tidak boleh menggaruknya, memberi air atau membersihkannya Terima kasih atas perhatiannya

Bapak/Saudara yangTerhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda. Tindakan Anda untuk mengunjungi dokter sudah tepat. Nampaknya apa yang dijelaskan oleh dokter Anda juga sudah cukup lengkap. Namun, sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu dilihat ulang. Anda dan dokter Anda perlu menyamakan pendapat mengenai penyebab kondisi eksim Anda, apakah karena faktor keturunan atau karena virus.

1. Apa benar virus ini tidak dapat dihilangkan? Saya berencana ingin berobat ke luar negri tetapi apabila memang benar-benar tidak dapat dihilangkan maka saya akan membatalkan niat saya ke luar.

Karena informasi yang disampaikan sangat terbatas maka sulit bagi kami untuk memiliki pemahaman menyeluruh mengenai kondisi kesehatan Anda saat ini. Namun, dalam pemahaman kami, eksim (dermatitis) yang disebabkan oleh keturunan (kondisi alergi) dengan yang disebabkan oleh virus merupakan kondisi yang berbeda. Kecuali jika penyebabnya memang terjadi bersamaan. Karena memang eksim karena virus dapat merupakan komplikasi dari eksim karena keturunan (alergi).

Eksim karena keturunan (alergi) biasanya terjadi karena adanya riwayat alergi. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan dermatitis atopik. Dermatitis atopik pada orang dewasanya biasanya memang memberikan tampilan eksim kering pada kulit. Di bagian mana saja lokasi eksim kering Anda? 

Eksim yang melibatkan virus biasanya adalah yang melibatkan virus herpes simpleks. Virus ini dapat menyebabkan eksim yang sangat mengganggu. Dan, jika memang terdapat virus ini dalam tubuh Anda, maka memang virus ini akan tetap berada dalam tubuh sepanjang hidup.

Namun, tentu saja seluruh informasi ini perlu Anda konfirmasi kembali dengan dokter yang menangani Anda, karena dokter Andalah yang paling mengerti kondisi kesehatan Anda saat ini. Tanyakan dan diskusikan dengan nyaman mengenai kondisi Anda dengan dokter Anda.

2. Makanan apa saja yang harus saya jauhi? Karena jujur saya tidak tahu apa yang memicunya.

Eksim memang dapat dipengaruhi oleh makanan, tapi pada orang dewasa sebenarnya perananan makanan tidak terlalu besar. Karena, penyakit ini dasarnya adalah reaksi alergi maka Anda perlu memperhatikan makanan-makanan apa saja yang memicu munculnya keluhan. Pada setiap orang dapat berbeda-beda, karena alergi setiap orang dapat berbeda-beda. Hindarilah makanan-makanan yang membuat Anda mengalam keluhan setelah beberapa saat mengkonsumsinya.

3. Makanan apa saja yang direkomendasikan untuk saya?

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang bervariasi yang Anda ketahui tidak menyebabkan timbulnya keluhan pada diri Anda.

4. Dari dulu saya tidak pernah terkena eksim, tetapi apakah berhubungan dengan kegemukan? Karena akhir-akhir ini saya memang jarang olahraga karena kesibukan saya sehingga bobot saya meningkat sekitar 15 kg. 

Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keparahan eksim. Berat badan yang berlebih dapat membuat gesekan kulit bertambah dan meningkatkan kelembapan sehingga dapat menyebabkan eksim bertambah parah, namun tidak menjadi penyebab langsung.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan eksim bertambah parah adalah:

  • Panas, kelembapan, debu, dan kontak dengan iritan seperti sabun atau deterjen.
  • Daya tahan tubuh menurun atau sakit, misalsedang mengalami batuk pilek karena virus.
  • Infeksi bakteri atau virus, misalnya infeksi bakteri Stafilokokus atau virus herpes simpleks.
  • Kondisi kulit kering.
  • Stres.

5. Sabun apa yang direkomendasikan untuk saya? Apa benar saya tidak boleh menggosok bagian luka tersebut dengan sabun?

Gunakanlah sabun dengan pelembap yang tinggi sehingga kulit Anda terhindar dari kekeringan. Dengan demikian keluhan Anda dapat terkendali. Luka sebaiknya tidak digosok dengan apapun, meskipun dengan sabun yang mengandung pelembap tinggi. Gunakanlah sabun untuk mandi dan membersihkan kulit. Keringkan dengan handuk yang lembut dan tidak iritatif. 

6. Apa ada obat penghilang gatal yang tidak menyebabkan ketergantungan yang bagus? Karena jujur saya sangat merasa jengkel apabila gatal dan saya tidak boleh menggaruknya, memberi air atau membersihkannya.

Rasa gatal yang timbul pada eksim dapat dikurangi dengan menjaga agar kondisi kulit selalu lembap. Hal ini dapat Anda siasati dengan memilih sabun dan pelembap yang benar untuk kondisi kulit yang tidak kering. Kulit yang tidak kering menurunkan risiko rasa gatal.

Berikut ini kami sertakan artikel-artikel yang dapat memberikan informasi lebih lengkap untuk Anda:

4 Saran Dokter Memilih Pelembap

Kulit Kesat Setelah Mandi, Belum Tentu Kulit Anda Sehat

Pilihlah Sabun dengan PH Seimbang

Penanganan eksim memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Penanganannya tidak dapat instan dan secepat kilat. Berikan waktu untuk sabun, pelembap atau salep/obat yang diberikan dokter untuk memberikan efek dalam mengatasi keluhan Anda. Perhatikan secara teliti hal-hal yang dapat memicu timbulnya keluhan Anda dan hindarilah. Jangan lupa untuk mematuhi jadwal kontrol ke dokter agar dokter dapat memantau perkembangan kondisi Anda. Semoga keluhan Anda segera teratasi!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar