Sukses

Kebotakan pada Wanita

05 Oct 2014, 14:12 WIB
Wanita, 30 tahun.
dok dulu sya wktu sd rambut saya lurus dan tebal setelah saya suka cabut rambut. rambut saya sebagia ada yg botak dan tumbuhnya kriting hingga sekarang...trus tumbuh rambut putih apa solusi nya ya dok

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Beberapa penyebab terjadinya kebotakan pada wanita adalah: pengaruh obat-obatan, penyakit, adanya infeksi dan pengaruh bahan-bahan kimia. Stres dan juga penurunan berat badan yang terlalu tiba-tiba juga dapat memicu terjadinya kebotakan pada wanita.

Kebotakan pada wanita dapat terjadi karena berbagai alasan dan biasanya terjadi dengan pola yang berbeda dengan pria. Pada wanita, kebotakan biasanya terjadi pada daerah kulit kepala bagian atas mencakup 1/3 bagian kulit kepala.

Untuk mengetahui penyebab kebotakan pada wanita, seringkali diperlukan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui apakah terdapat penyakit tiroid atau autoimun sebagai penyebab kebotakan. Anemia dan kehamilan juga dapat menyebabkan kebotakan pada wanita.

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor keturunan disebut dengan alopesia androgenika dan akan dimulai secara bertahap dari bagian depan terus ke belakang.  Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar. Bagaimana dengan pola penipisan rambut Anda?

Rambut beruban pada usia muda dapat disebabkan karena stres, kurang vitamin, atau keturunan. Gangguan karena kelainan metabolisme, kelainan kekebalan tubuh, kelainan hormonal, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal dapat meningkatkan jumlah uban di kepala. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu untuk mengetahui penanganan yang tepat rambut beruban. Namun, seiring dengan bertambahnya usia dan karena faktor keturunan, jumlah rambut uban (putih) memang akan semakin bertambah karena pembentukan pigmen yang semakin berkurang.

Untuk mengatasi rambut beruban ini, cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, terutama mengandung cukup vitamin B12 seperti yang tercakup didalam produk-produk hewani yaitu dalam telur, hati, daging, unggas, dll. Apabila rambut beruban anda timbul karena masalah kekurangan vitamin B12, maka dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 masalah tersebut dapat dikoreksi sehingga masalah rambut beruban anda dapat teratasi. Dengan asupan vitamin B12 yang cukup produksi melanin, pigmen rambut, akan kembali normal dan rambut yang putih akan rontok yang selanjutnya akan digantikan oleh rambut yang hitam. Selain itu, hindarilah hidup penuh stres. Cobalah untuk hidup lebih santai dan teratur.

 

Namun, jika penyebab timbulnya uban ini adalah faktor keturunan, maka tidak dapat disembuhkan dan uban yang sudah tumbuh tidak dapat dikembalikan menjadi hitam kembali.

Untuk memastikan apa yang terjadi berdasarkan keluhan kebotakan rambut Anda maka kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin. Setelah diketahui penyebabnya dengan pasti maka Anda bisa memperoleh penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar