Sukses

Benjolan di Bibir Vagina

05 Oct 2014, 08:12 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok,sy mau tanya kemarin sy sdh periksa k dokter kandungan utk memeriksakan benjolan di bibir vagina sy yg sblh kanan,kata dokter itu akibat bakteri atau infeksi tp tdk ada nanahnya dok.dan sy cumann dikasih antibioik tp kok benjolanya tdk mengempis dok sdh 2hr ini mlh nyeri bgt utk duduk dan jalan.mnrt dokter sy harus lakukan apa agar cpt kempes benjolanya,?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Seberapa besarkah benjolan tersebut? Apakah benjolan tersebut bisa digerakkan?

Sulit bagi kami untuk menegakkan diagnosa tanpa didahului pemeriksaan fisik secara langsung pada benjolan tersebut. Pada umumnya benjolan di bibir vagina disebabkan oleh kista bartholin, penyumbatan satu atau dua kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina. Sejatinya kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi lendir yang membasahi/melumasi vagina. Penyumbatan dapat dilatarbelakangi oleh adanya infeksi, radang atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Hati-hati, apabila memang benar disebabkan karena infeksi, kista ini dapat berubah menjadi abses. Penyebab lain benjolan di vagina adalah jerawat, bisul ataupun peradangan.

Kista bartolin sering menyerang wanita di usia 20-29 tahun. Kendati tidak berbahaya, namun ukurannya yang terus membesar hingga sebesar telur dapat menyebabkan penderita mengalami nyeri dan kesulitan berjalan.

Penanganan kista bartolin sangat bergantung dari ukuran, rasa nyeri dan keberadaan infeksi. Apabila kista berukuran kecil, tindakan berendam beberapa kali sehari di air hangat selama 3-4 hari dapat mengurangi rasa nyeri dan memicu kista untuk pecah secara spontan. Bila dirasa perlu, Dokter juga dapat memasang selang kecil/kateter untuk mengeluarkan cairan di dalam kista.

Konsultasikan kondisi Anda ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mendapatkan kepastian diagnosa dan tata laksana yang paling sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar