Sukses

Darah Haid Sedikit

03 Oct 2014, 15:37 WIB
Wanita, 24 tahun.
siang dok.. saya mw tanya ,siklus haid saya normal dan rutin tetapi mengapa lama haid saya hanya 2-3 hari ... hari 1 dan 2 darah yg keluar banyak, tapi hari 3 sudah tinggal flek. Sewaktu kuliah , lama haid saya bisa sampai 5 hari dan msih keluar darah hingga hari ke 4. Apakah haid saya normal dengan hanya keluar darah banyak 2 hari atau tidak dok ? Bagaimana memperlancar darah haid , apakah dengan minum jamu kunir asem ? Terimakasih .
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Gangguan haid dapat bermacam-macam, mulai dari darah yang keluar sedikit atau malah banyak. Selain itu, gangguan haid juga bisa berkisar antara banyak siklus haid yang terjadi. 

Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Berdasarkan cerita Anda, periode haid Anda masih tergolong normal. Namun untuk memastikannya, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Terkait jamu kunir asem, belum ada penelitiannya di bidang medis bahwa dapat memperlancar haid.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Ini Dia Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri Haid

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

Telat Haid? 4 Faktor ini Penyebabnya

Pola Makan Terhadap Siklus Haid

Wisata Kuliner Saat Haid

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar