Sukses

Blighted Ovum

03 Oct 2014, 11:25 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dok. Apakah penyebab kehamilan BO dan Apakah bisa hamil lagi seperti sebelumnya setelah dikiret ? dan apasajakah yg mesti dihindari pada saat hamil muda? terimakasih atas jawabannya.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, oleh karena itu ijinkan kami menambah wawasan Anda agar kekhawatiran Anda dapat berkurang. "blighted ovum" merupakan suatu kelainan dalam kehamilan di mana kantong kehamilan tumbuh tanpa disertai pertumbuhan janin, sehingga hanya kantong kehamilannya yang tumbuh.

Blighted ovum dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Sayangnya blighted ovum tidak dapat dicegah, meski demikian, umumnya blighted ovum hanya akan terjadi satu kali pada ibu hamil.

Biasanya diagnosa blighted ovum sudah ditegakkan pada kehamilan trimester 1 dan baru diketahui setelah melakukan pemeriksaan USG trnsvaginal pada kehamilan 6-7 minggu, karena pada saat itu kehamilan sudah agak besar 16 mm sehingga terlihat lebih jelas. Untuk menegakkan diagnosis blighted ovum perlu dilakukan pemeriksaan USG yang berulang untuk benar-benar memastikan bahwa tidak ada pertumbuhan janin di dalam kantong kehamilan, sehingga Dokter Kebidanan Anda tidak sampai salah diagnosis. Apabila setelah di USG transvaginal ulang, kantung kehamilan Anda kosong tidak berisi janin maka Anda akan dianjurkan untuk dilakukan kuret untuk membersihkannya. Adapun kehamilan berikutnya sebaiknya ditunda selama 2-3 siklus menstruasi untuk menyempurnakan proses penyembuhan rahim setelah tindakan kuretase.

Umumnya blighted ovum hanya terjadi sekali. Disarankan untuk menunggu 1-3 siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi.Untuk siklus haid, biasanya, akan kembali lagi seperti normal. Kami sarankan Anda terus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk pemeriksaan kontrol dan pemantauan kondisi Anda.

Yang perlu dilakukan dalam menjaga kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. 
 
Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan suami dan semoga Anda dan suami dapat segera diberikan momongan.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar