Sukses

Peradangan Amandel

20 Oct 2014, 00:36 WIB
Pria, 28 tahun.
Dok, saya proses penyembuhan amandel, sementara nunggu operasi karena amandelnya g bisa mengecil, yang saya mau tanyakana adalah: 1. Apakaah boleh amandel diterapi dengan air hangat, dengan menempelkan handuk yang dicelup air hangat atau panas? 2. Kenapa dokter tidak menyebutkan pantangan makanan ya dok? 3. Kata dokter amandel saya infeksinya sudah berkurang, merahnya sudah berkurang dan siap dioeperasi, apakah benar dok amandel yang sudah membesar tidak bisa mengecil lagi?sampai saat ini saya masih minum antibiotik dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan dan akan coba menjawab pertanyaan Anda.

1. Apakah boleh amandel diterapi dengan air hangat, dengan menempelkan handuk yang dicelup air hangat atau panas?
Penanganan radang tonsil memang dapat diatasi dengan banyak minum air hangat, menempelkan handuk air hangat dapat Anda lakukan namun tidak memberikan manfaat yang berarti.

2. Kenapa dokter tidak menyebutkan pantangan makanan ya dok?

Mungkin saat itu dokter tersebut terlewat menyampaikannya. Pembesaran tonsil dan adenoid dapat dicegah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, menghindari pencetus alergi, dan menghindari zat yang merangsang pembesaran tonsil dan adenoid seperti MSG dan dingin. Saat terjadi peradangan sebaiknya Anda beristirahat yang cukup, banyak minum hangat, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghentikan merokok (jika Anda merokok).

3. Kata dokter amandel saya infeksinya sudah berkurang, merahnya sudah berkurang dan siap dioeperasi, apakah benar dok amandel yang sudah membesar tidak bisa mengecil lagi?sampai saat ini saya masih minum antibiotik dok

Radang tonsil memang tidak selalu diatasi dengan operasi, namun dokter yang telah memeriksa Anda tentunya mempunyai pertimbangan mengapa radang tonsil yang Anda alami harus dioperasi karena sudah melihat dan memeriksa secara langsung.

Radang tersebut apabila disebabkan oleh bakteri maka akan diberikan antibiotik, kemudian antiradang, dan banyak minum air hangat. Apabila tonsil mengecil dengan obat-obatan maka tidak akan menjadi masalah karena dia merupakan salah satu pertahanan tubuh yang akan membesar karena infeksi dan mengecil apabila infeksinya hilang. Jadi tidak semua radang tonsil harus dioperasi.

Namun apabila tonsil terus membesar dan menutup jalan napas maka sebaiknya tidak terus dibiarkan karena berbahaya. Operasi amandel (tonsil) atau tonsilektomi dilakukan apabila ditemukan indikasinya, diantaranya yaitu :

  1. Hipertrofi atau pembesaran tonsil yang sudah menutup dan menyebabkan sumbatan jalan napas. Gejalanya diantaranya adalah obstructive sleep apneu yaitu kondisi berhentinya bernapas secara tiba-tiba kala sedang tidur karena pembesaran tonsil atau mendengkur
  2. Radang pada tonsil yang berulang karena infeksi atau serangan tonsilitis 4-5 kali atau lebih dalam 1 tahun dengan terapi yang adekuat
  3. Tonsil merupakan fokal infeksi atau mengandung kripta-kripta atau mengalami abses peritonsilar (penumpukan nanah di sekitar tonsil)
  4. Sulit menelan akibat tonsil yang sangat besar dengan kripta


Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjawab pertanyaan Anda:

Komplikasi Radang Amandel

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar