Sukses

Prolaktin Tinggi Tetapi Haid Normal

02 Oct 2014, 10:58 WIB
Wanita, 29 tahun.
sore dok.. melanjutkan pertanyaan saya sebelumnya mengenai prolaktin saya sebelumnya.. saya sudah melakukan pemeriksaan transvaginal( hasil baik tdk ada kista maupun miom) dan tes lab dilakukan di salah satu rsia di jkt dibawah rujukan dokter spesialis kandungan karna saya sedang promil.. hasilnya prolaktin saya tingga (45 ) tetapi mens saya teratur setiap bulannya.. apa kasus seperti saya ini bisa terjadi dok? karna setiap saya baca artikel seseorang dengan prolaktin tinggi pasti bermasalah dengan jadwal haidnya.. tolong infonya ya dok hasil lab saya terakhir bulan juli 2014 saya berhenti konsultasi dengan dokter tersebut karna menurut saya setiap bulannya obat yg diberikan selalu berganti-ganti.. itu membuat saya takut dan ragu untuk melanjutkan promil.. thx dok

  Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebagian besar pasien yang mengalami hiperprolaktinemia (kadar prolaktin tinggi) memiliki gejala gangguan menstruasi bahkan hingga tidak haid. Meningkatnya kadar hormon ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penyakit polikistik ovarium, tiroid, atau dapat terjadi peningkatan tanpa sebab. Sehingga selain pemeriksaan USG biasanya pada pasien dengan hiperprolaktinemia akan diperiksakan hormon tiroid juga.

Menurut sebuah penelitian, sebagian kecil pasien yang tidak diketahui penyebab hiperprolaktinemia ternyata memiliki molekul prolatin yang besar (makroprolaktinemia) sehingga dapat menyebabkan hasil positif palsu pada pemeriksaan. Pada pasien dengan makroprolaktinemia biasanya ditemukan adanya peningkatan prolaktin tanpa disertai gangguan menstruasi maupun galaktorea (cairan yang keluar dari puting susu pada individu yang sedang tidak menyusui). Makroprolektinemia merupakan kondisi yang ringan.

Kami sarankan Anda untuk tetap bekonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar Anda dapat mengetahui pasti penyebab peningkatan hormon prolaktin Anda dan mendapatkan pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam


Tim Redaksi Klikdokter

    1 Komentar

    • Naw****** Herlina

      kak gimana sekarang hasilnya ? tetep prolaktin tinggi kah ? promilnya Uda ada hasil belum kak ? soalnya aku jugak gini , haid normal tapi prolaktin tinggi