Sukses

Pasca Operasi Wasir

01 Oct 2014, 12:46 WIB
Pria, 43 tahun.
Selamat Siang Dokter, Saya Pasien pasca operasi Wasir Akut(Ambeyein dalam) oleh Dr.R.H.Soetomo +/- pelaksaannya 6 bulan yg lalu dan sdh selesai minum obat2an yg diresepkan, tetapi masih ada gumpalan daging dan pendarahan sehabis kerja dan setiap buang air besar (BAB) padahal sudah mengurangi aktifitas naik turun tangga, bersepeda, naik motor, berhenti makan daging(hewan bernyawa) dan rutin merawat kulit dgn mandi memakai sabun antiseptic. Apakah sy harus menjalani operasi ulang(ke-2) dan berhenti makan nasi krn keras!? terima kasih Dokter atas perhatian dan jawabannya.

   Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mengetahui tindakan yang tepat mengenai kondisi pasca operasi wasir yang Anda perlukan diperlukan pemeriksaan fisik, sehingga kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ulang dengan dokter spesialis bedah yang menangani Anda. 

Penyembuhan jaringan akan berlangsung antara 4-6 minggu. Namun tentunya hal ini sebaiknya dinilai oleh dokter bedah yang mengoperasi Anda.

Yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah perubahan gaya hidup. Wasir dapat terjadi berulang jika gaya hidup Anda tidak diperbaiki. Yang dimaksud disini dengan perubahan gaya hidup diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, hindari konsumsi gula yang terlalu banyak, apabila ingin konsumsi daging hewan , konsumsilah ikan, hindari konsumsi alkohol, lakukan olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB. Mengenai makanan, nasi boleh dikonsumsi namun harus dibatasi, makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang tidak mengandung serat. Penggunaan obat anti-hemorrhoid yang dimasukan lewat dubur bermanfaat untuk mengurangi gejala.

Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup. Tindakan operasi saja tanpa disertai perubahan gaya hidup tidak akan bermakna. Wasir dapat kembali kambuh apabila pola hidup Anda tidak diubah menjadi lebih sehat.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir.

Wasir

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar