Sukses

Rasa Was-Was, Takut = Gangguan Cemas?

20 Oct 2014, 01:38 WIB
Pria, 28 tahun.
Dok, saya dulu pernah bertanya soal amandel yang selama hampir 2 bulan ini saya rasakan di badan sangat kurang nyaman, dari tidak bisa tidur, panas dan dingin (seprti menggigil), mual, perasaan tidak enak, dan akhirnya dari dokter THT operasi salah satu solusinya. Yang saya mau tanyakan sampai saat ini kenapa perasaan was-was saya masih ya dok, rasa takut, pikiran yagn tidak tentu masih saja menghantui saya, apalagi mendengar kata mati dok. Wajar kah dok perasaan yang saya alamai?apakah ada penyakit medis yang sy rasakan ini dok?apakah psikis saya terganggu dok?karena selama kurang lebih 2 bulan ini sy rasakan tidak enak di badan, baru kmrn ketahuan amandelnya kronis. tks

 Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

 
Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, Berdasarkan keterangan  yang Anda berikan nampaknya Anda mengalami gangguan cemas. Dalam dunia kedokteran dikenal istilah gangguan cemas dan jika mengganggu kualitas hidup makan dapat digolongkan sebagai kelainan psikiatri.
 
Rasa cemas berlebihan dapat mengganggu konsentrasi, kualitas hidup dan terutama mengganggu sistem imunitas tubuh sehingga mudah sakit. Perbedaan dengan penyakit sesungguhnya adalah pada gangguan cemas berlebihan, dari semua keluhan yang muncul, jika dilakukan pemeriksaan fisik maka tidak ditemukan kelainan apapun. Rasa cemas berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan emosional dan psikologis yang pada akhirnya dapat mempengaruhi secera keseluruhan derajat kesehatan seseorang secara fisik. Rasa cemas berlebihan tidak secara langsung disebabkan karena penyakit tertentu. Rasa cemas yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh perasaan takut dan preokupasi Anda terhadap penyakit yang sedang saat ini Anda derita.
 
Gangguan cemas  dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, sulit tidur dsb. Atau keluhan-keluhan lain yang bervariasi, dan terutama rasa cemas dan takut berlebihan terhadap sesuatu
 
Gangguan cemas dapat diatasi dengan menenangkan diri, mengatur pernafasan dan mencari aktivitas yang menenangkan. Namun, jika tidak dapat diatasi sendiri dan mengganggu kualitas dan kenyamanan hidup, maka perlu bantuan obat-obatan. Beberapa teknik terapi yang dapat dilakukan adalah kognitif dan behavioral psikoterapi. 

Baca pula artikel kami yang berjudul :

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,



Tim Redaksi Klikdokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar