Sukses

Seputar Air Putih

20 Oct 2014, 07:30 WIB
Pria, 28 tahun.
Dok saya didik di sukoharjo, saya mau nanya dok, sekarang ini saya selalu mengkonsumsi air putih mineral dok, bisa sampai 4-5 botol air mineral 600 ml, yang saya mau tanyakan adalah: 1. Sering minum air putih sering juga saya buang air kecil, normal kah? 2. Ketika saya sering minum air putih, air seni saya juga bewarna putih bening dok, tapi terkadang air seni saya bewarna kuning, seperti ketika bangun tidur?normalkah? 3. APakah minum air putih di atas jam 6 sore tidak dianjurkan dok? 4. tks

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Konsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar  dapat membantu proses penyerapan, pembuangan dan metabolisme tubuh serta mencegah dehidrasi.

1. Sering minum air putih sering juga saya buang air kecil, normal kah?

Sangat normal bila Anda menjadi sering BAK ketika Anda sering minum air putih, hal tersebut menandakan bahwa fungsi ginjal Anda masih baik sehingga dapat membantu proses pembuangan toksin melalui urin. 

2. Ketika saya sering minum air putih, air seni saya juga bewarna putih bening dok, tapi terkadang air seni saya bewarna kuning, seperti ketika bangun tidur?normalkah?

Urin yang berwarna jernih, tidak berbau menunjukan tubuh memiliki carian yang cukup dan menandakan urin yang sehat. Urin yang berwarna kekuningan menunjukkan sisa-sisa metabolisme dan toksin sudah terbuang dalam urin. Ini adalah kondisi normal.Jika Anda sedikit atau kurang minum air putih akan menyebabkan berkurangnya cairan tubuh dapat ditandakan dengan urin yang lebih pekat atau kuning pekat. Urin yang pekat jika dibiarkan terus- menerus bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Urin yang kuning keruh disertai nyeri dapat juga menunjukan adanya infeksi pada saluran kemih. 

3. Apakah minum air putih di atas jam 6 sore tidak dianjurkan dok?

Tidak ada batasan waktu untuk mengkonsumsi air putih bahkan sebelum tidur pun Anda masih boleh mengkonsumi air putih.


Berikut adalah artiikel mengenai air putih yang dapat Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.


Salam


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar