Sukses

Berbagai Keluhan

30 Sep 2014, 15:41 WIB
Wanita, 39 tahun.
yth dokter.. dok sebulan terahir ini saya merasa gampang sekali capek,dan berkeringat,badan saya rasa pegal pegal terutama di bagian pundak.dan pusing. di pagi hari juga saya terasa sangat mengantuk,mata rasanya berat,padahal tidur saya cukup,tidak suka begadang. lambung saya juga rasanya mual.dan rasa lapar, walaupun sdh sarapan/makan siang.Dokter apa yang harus saya lakukan,,? 2 minggu sebelumnya saya sudah berobat karna sakit batuk,pilek, dan radang tengorokan,sekarang batuk sdh sembuh, tinggal pilek dan tengorokan berlendir,karna merasa belum sembuh benar saya berobat lagi dan di sarankan dokter minum antibiotik yg beda,dosis nya menurut saya tinggi, setelah minum antibiotik itu badan rasanya lemas,jantung berdebar2,pusing dan mual.. apa yang terjadi dangan saya dokter ? apakah saya sakit jantung atau sakit apa dok..? terimakasih sebelumnya salam vera

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Perasaan mudah lelah dan lemas dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah.

Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres
  2. Latihan fisik yang terlalu berat
  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu
  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)
  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan
  6. Obat-obat pelangsing, asma
  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu
  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal
  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Apakah satu atau lebih kondisi di atas sesuai dengan keadaan Anda saat ini? 

Untuk mengetahui diagnosis penyakit Anda, perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara keseluruhan dan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan misalnya rekam jantung (elektrokardiogram/EKG) untuk menilai apakah ada kelainan jantung atau tidak. Selain itu bisa dilakukan pemeriksaan darah seperti darah lengkap untuk menyingkirkan kemungkinan infeksi, anemia, dan sebagainya. Peningkatan asam lambung atau penyakit maag juga bisa menyebabkan keluhan mual, lemas, rasa tidak nyaman di dada, dan pusing. Kami tidak dapat mendiagnosis suatu penyakit tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Maka dari itu, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar