Sukses

Mata Gatal

30 Sep 2014, 12:17 WIB
Wanita, 31 tahun.
Mau tanya dok.. Mata saya silinder 3,5 dan 3,75. Sering gatal. Itu knp ya dok ? Tetes mata apa yg bs sy gunakan utk mengatasinya ? Sy selama ini pakai asthenof setiap kali merasa gatal. Apakah aman memakai asthenof ? Maksimal pemakaian sehari berapa kali berapa tetes ya dok ? Mks

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Mata gatal dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya :

  • Alergi

  • Kojungtivitis, baik konjungtivitis bakteri, konjungtivitis virus, dll

  • Mata kering akibat kurangnya air mata

  • Entropion, yaitu suatu kondisi dimana bagian tepi kelopak mata melipat kedalam sehingga bulu mata menggesek permukaan mata. Biasa terjadi pada orang tua.

  • Dll.

Karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya mata gatal, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab timbulnya keluhan gatal pada mata anda. Pengobatan akan diberikan sesuai dengan diagnosis yang ditegakkan oleh dokter melalui wawancara dan pemeriksaan mata secara langsung. Jika mata gatal disebabkan oleh alergi dokter akan memberikan obat anti alergi (antihistamin) atau tetes mata steroid, jika disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus maka dokter akan memberikan tetes mata antibiotik atau antivirus, jika disebabkan oleh berkurangnya air mata maka dokter akan memberikan air mata buatan, dan lain sebagainya.

Periksakanlah mata anda ke dokter yang biasa anda kunjungi. Penegakkan diagnosis yang lebih dini akan memberikan hasil yang lebih baik. Sebaiknya tidak sembarangan memberikan obat tetes mata karena alih-alih ingin menyembuhkan justru dapat menyebabkan efek samping.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar